oleh

Edhy Prabowo Kena OTT, Berikut Pro Kontra Kebijakan Menteri KKP Kabinet Indonesia Maju

Jakarta, Mitrapost.com Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, Rabu (25/11/2020). Ia ditangkap terkait kasus ekspor benih lobster atau benur.

Penangkapan Edhy terjadi pada malam dini hari tadi di Bandara Soekarno-Hatta sepulang dari Amerika Serikat. Istri Edhy Prabowo serta 13 orang dalam rombongannya juga ikut diamankan.

“Tadi pagi jam 01.23 WIB di Soetta. Ada beberapa dari KKP dan keluarga yang bersangkutan,” jelas  Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Rabu (25/11/2020).

Usai ditangkap, rombongan dibawa dan tiba di gedung KPK sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

Baca juga: Kejati Jateng akan Kembangkan Kasus OTT PDAM Kudus hingga Plt. Bupati

Seperti diketahui Edhy Prabowo menduduki kursi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Susi Pudjiastuti di Kabinet Indonesia Maju.

Kebijakan-kebijakan Edhy pun diketahui publik banyak bertentangan dengan pendahulunya. Mulai dari soal ekspor benih lobster yang sebelumnya dilarang dengan keras, kini dibuka oleh orang kepercayaan Prabowo Subianto tersebut.

Menurut Edhy ekspor benih lobster tersebut penting demi membantu ekonomi para nelayan sebab  banyak nelayan yang bergantung pada budi daya komoditas tersebut.

“Saya ingin buka kembali ekspor ini karena ada masyarakat kita yang lapar gara-gara dilarang, gara-gara ada peraturan ini (larangan penangkapan benih lobster),” kata Menteri Edhy seperti dilansir melalui Detik.

Kebijakan ekspor benih lobster ini sering mendapat komentar masyarakat hingga saat ini.

Kemudian kebijakan penenggelaman kapal asing yang masuk dan maling ikan secara ilegal di perairan Indonesia juga diubah. Edhy memilih kapal-kapal tersebut dimanfaatkan kembali oleh nelayan maupun sekolah perikanan yang membutuhkan.

Lalu soal penggunaan cantrang yang sebelumnya oleh Susi Pudjiastuti dilarang kini diperbolehkan. Menurut Edhy Prabowo semua alat tangkap ikan diperbolehkan asal penggunaannya sesuai aturan. (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan Judul ‘Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Ini Sepak Terjangnya saat Jadi Menteri KKP‘.

Komentar

Berita Terkait