Aktivitas Merapi Meningkat, Gempa Vulkanik Dangkal Terjadi 15 Kali

Yogyakarta, Mitrapost.com Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat aktivitas Gunung Merapi terus mengalami peningkatan. Suara gemuruh guguran terdengar dari lereng Merapi.

Menurut monitoring BPPTKG terdengar 8 kali gemuruh yang disebarkan guguran lava di puncak Merapi selama 24 jam pada Kamis (3/12/2020).

Hanya saja kondisi cuaca mendung sehingga visual guguran tidak terekam di BPPTKG. Selain itu juga tercatat di jaringan seismik terjadi gempa guguran sebanyak 50 kali, 29 kali gempa hembusan 262 kali gempa fase banyak, 35 kali gempa vulkanik dangkal.

“Aktivitas vulkanik masih tinggi dan erupsi bisa terjadi sewaktu waktu,” terang petugas Pos pengamatan Gunung Merapi dari Pos Selo Boyolali, Azwar Nurmanaji, Jumat (4/12/2020).

Baca Juga :   Hujan Abu di Boyolali, Diduga dari Luncuran Awan Panas Merapi

Baca juga: BNPB Sebut Longsoran Baru Puncak Merapi Menuju Kali Senowo

Selain itu dari pengamatan BPPTKG terjadi pemendekan jarak tunjam atau deformasi sebesar 11 cm per hari. Dengan terjadi guguran menjadikan pergerakan magma semakin mendekati puncak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati