oleh

Beberapa Gedung Instansi Pemerintah di Pati Kota Tak Bayar Pajak Bertahun-tahun

Pati, Mitrapost.com Camat Kota Pati Didik Rusdiantono mengungkapkan banyak gedung instansi milik pemerintah yang tidak bayar pajak bumi dan bangunan (PBB) selama bertahun-tahun.

Pihaknya kesulitan dalam penarikan PBB di fasilitas pemerintah. Seperti rumah dinas Kapolres, rumah dinas Wakapolres, bekas rumah dinas Kapolwil Pati, mes Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan), rumah dinas Dandim serta asrama Benglap.

“Sebab dari tahun ke tahun, wajib pajak milik pemerintah tidak pernah bayar,” ujar Didik saat ditemui Mitrapost.com di kantornya, Selasa (1/12/2020) lalu.

Hal ini membuat Kecamatan Pati tidak pernah lunas PBB sebelum tahun 2020. Pada tahun ini, wajib pajak di wilayahnya sudah melunasi kewajibannya. “Tetapi saat ini untuk Benglap masih belum terbayar,” ungkap Didik.

Baca juga: Tahun Depan, Pendapatan Pajak Daerah Diprediksi Mengalami Kenaikkan

Didik mengatakan perlu usaha yang ekstra dalam menarik PBB di Kecamatan Pati Kota. Ia mengerahkan pejabat-pejabat di desa/kelurahan untuk aktif menarik PBB.

Selain itu semua staf kecamatan dilibatkan dalam penarikan PBB di 29 desa dan kelurahan di Kecamatan Pati Kota.

Pemerintah kecamatan juga menerapkan sanksi apabila target pelunasan pajak tidak terpenuhi 100%.

“Ketika tidak lunas, semua penghasilan tetap (siltap) Pemdes ditahan hingga PBB lunas. Selain itu kami juga berkoordinasi dengan dinas instansi terkait,” tuturnya.

Hal ini memacu Pemdes aktif menarik pajak di wilayahnya masing-masing hingga akhirnya dapat mendorong wajib pajak melunasi PBB.

Pencapaian Kecamatan  ini diapresiasi Bupati Kabupaten Pati Haryanto. Haryanto mengatakan dari kemerdekaan Indonesia, wajib pajak di Kecamatan Pati Kota tidak pernah melunasi PBB.

“Tahun ini sudah lunas. Ini rekor ini,” kata Haryanto, Senin (30/11/2020).

Haryanto pun berharap pencapaian ini dapat dijaga di tahun-tahun mendatang. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait