oleh

Intensitas Hujan Tinggi, Tanah Longsor Tutup Akses Jalan Sumedang-Garut

Sumedang, Mitrapost.comHujan yang mengguyur selama hampir sepekan kemarin mengakibatkan sejumlah bencana. Tanah longsor di Dusun Cipeureu Desa Buanamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang menutup akses Jalan Cibugel-Limbangan (Garut), Senin (21/12/2020).

Tanah longsor terjadi pada Minggu (20/12/2020) sekitar pukul 19.30 WIB. Kondisi saat itu cuaca dalam keadaan hujan yang cukup deras.

Kapolsek Cibugel AKP Idan Wahyudin mengatakan material longsor menutupi seluruh badan jalan penghubung Cibugel-Limbangan atau tepatnya jalan penghubung antara Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut.

Baca juga: Tebing  70 Meter Longsor, Akses Jalan Penghubung Langkob-Cigalontang Tutup Total

Penyebab longsor, lanjut AKP Idan, akibat intensitas hujan yang tinggi hingga mengakibatkan tebing setinggi 11 meter di Jalan Cibugel-Limbangan longsor.

“Longsor sepanjang 40 meter dengan ketebalan longsor mencapai 5 meter, akibatnya akses jalan Limbangan-Cibugel lumpuh total.”

Dia mengungkapkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pasalnya, kata dia, saat kejadian tidak ada warga maupun kendaraan yang melintas.

“Alhamdulillah tidak korban jiwa, lokasinya memang di wilayah perkebunan, dan cukup jauh dari permukiman warga,” katanya.

Baca juga: Akibat Longsor dan Tanah Bergerak, 95 Rumah Warga Desa Bodas Rusak

Hingga pukul 13.01 WIB, jalan tersebut masih belum dapat di lalui oleh kendaraan. Untuk itu, pihaknya bersama petugas gabungan dan warga berupaya membersihkan material longsor tersebut.

“Hingga kini, jalur tersebut belum bisa dilalui kendaraan. Kami masih berupaya membersihkan material longsor dengan mengerahkan satu alat berat untuk mempercepat proses evakuasi material longsor,” ujarnya. (fp)

Baca juga: Tersengat Listrik di tengah Banjir, Pelajar di Pamekasan Meninggal

 

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul ‘Longsor Putus Akses Jalan Penghubung Sumedang-Garut‘.

Komentar

Berita Terkait