oleh

ADD 2020 di Pati Sudah Cair 100 Persen, 80 Persen untuk Siltap Perangkat Desa

Pati, Mitrapost.com Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadispermades), Sudiyono, mengatakan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2020 di Kabupaten Pati sudah cair seratus persen.

Anggaran ADD tahun 2020 di Kabupaten Pati sebanyak Rp 142 miliar. Delapan puluh persen atau Rp 113 miliar di antaranya digunakan untuk Penghasilan Tetap (Siltap) perangkat desa.

“ADD sudah (cair) semua. Karena sebagian besarnya untuk pembayaran siltap. Hampir 80 persennya untuk pembayaran siltap. Kalau gaji kan pasti dibayarkan,” tegasnya saat ditemui Mitrapost.com di Pendopo Kabupaten Pati, pekan lalu.

Sementara 20 persen anggaran ADD lainnya, digunakan untuk operasional desa. Ia memprediksi hal yang sama juga akan berlaku pada ADD tahun 2021 memdatang.

“Yang paling pokok digunakan untuk pembayaran siltap baik kepala desa, sekertaris desa maupun perangkat desa. Kemudian juga dialokasikan untuk BPJS Kesehatan dan BPJS Tenaga Kerja,” lanjut Sudiyono.

Baca juga: 300 Miliar Dana Desa 2020 di Kabupaten Pati untuk Penanganan Covid-19

ADD pada tahun 2021 mendatang mengalami penurunan daripada tahun 2020. Pada tahun 2021 dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ini dianggarkan sebesar Rp 129 miliar.

Meskipun demikian Sudiyono meminta perangkat desa tidak khawatir. Ia akan berupaya mengajukan penambahan ADD pada perubahan APBD 2021.

Sudiyono juga berharap Pemerintah Desa (Pemdes) untuk melaporkan jumlah perangkat sesuai dengan real.

“Jangan sampai berbeda dengan yang dilaporkan ke kami. Kenyataannya 6 tapi dilaporkan 8 atau sebaliknya. Jangan,” pintanya.

Ia tidak mau anggaran untuk ADD nanti kurang karena adanya laporan yang tidak sesuai dengan kenyataan ini. (*)

Baca juga: Turun Rp12 Miliar Lebih, Alokasi Dana Desa 2021 di Kabupaten Pati Rp 129 Miliar

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait