Gunung Merapi Mulai Tunjukkan Guguran Lava Pijar

Yogyakarta, Mitrapost.com Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan ada guguran lava pijar pada Senin (4/1/2021) pukul 19.50 WIB.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida mengatakan, guguran lava pijar terpantau dari CCTV di sisi barat daya Gunung Merapi dan kamera thermal di Stasiun Panguk. Guguran lava pijar ini merupakan perkembangan peningkatan suhu lava tahun 1997 yang terlihat sinarnya pada 31 Desember 2020.

“Pada tanggal 4 Januari 2021 pukul 19.50 WIB, terjadi guguran yang tercatat di seismograf dengan amplitudo 33 mm dan durasi 60 detik. Suara guguran terdengar hingga Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan,” jelas Hanik mengutip Sindonews pada Selasa (5/1/2021).

Selain itu foto DSLR serta foto dari Pos Pengamatan Gunung Merapi di Kaliurang yang menunjukkan rona merah di lokasi yang sama.

Baca Juga :   Merapi di Fase Erupsi Efusif, Pengungsi di Sleman Akan Dipulangkan

Baca juga: BPBD Sleman Perpanjang Status Siaga Gunung Merapi

Hanik menyimpulkan bahwa lava pijar telah muncul di dasar Lava 1997. Sinar yang teramati sebelumnya, yaitu pada tanggal 31 Desember 2020 pukul 21.08 WIB, bisa jadi merupakan indikasi awal akan munculnya api diam dan lava pijar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati