oleh

Video : Program Penanaman Rumput Vetiver di Pati Tak Tumbuh Maksimal

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya, mengungkapkan rumput vetiver atau akar wangi yang ditanam beberapa waktu lalu untuk menanggulangi bencana alam tidak tumbuh maksimal.

Program penanaman vetiver dicanangkan pemerintah kabupaten sebagai upaya mitigasi bencana banjir besar, tanah longsor, hingga tanggul jebol di kawasan rawan.

Secara fungsi rumput vetiver digadang-gadang mampu menguatkan tanah dan menahan longsor karena akarnya sangat kuat sehingga mampu mengikat berbagai material.

Namun Martinus menuturkan, dari keseluruhan rumput yang di tanam oleh BPBD dan relawan, terpantau hanya sebagian kecil saja yang tumbuh sempurna.

Hal ini katanya dipengaruhi oleh kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya fungsi tanaman akar wangi.

Baca Juga :   Video : Minimnya Persediaan Air, LMDH Perhutani Desa Larangan Kesulitan Tanam Jagung

“Vetiver ada yang tumbuh tapi presentasinya kecil, karena masyarakat belum memahami betul manfaat dari rumput itu,” kata Martinus, Sabtu (9/1/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral