oleh

Video : Penyerapan Anggaran Pemkab Pati 2020 Capai 95 Persen

Pati, Mitrapost.com – Kepala BPKAD Kabupaten Pati, Turi Atmoko menyebutkan serapan anggaran tahun 2020 mencapai 95 persen, angka ini adalah yang tertinggi sejak lima tahun terakhir.

“Penyerapan anggaran sungguh beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau biasanya cuma sekitar 92 persen ini tahun 2020 sampai 95,58 persen. Selama 5 tahun terakhir tahun ini yang cukup tinggi,” kata Turi kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya beberapa waktu yang lalu.

Dampak dari penyerapan anggaran yang berlebih dan penerimaan anggaran yang turun tersebut, menuntut Pemkab Pati untuk melakukan berbagai improvisasi di tahun 2021. Turi mengatakan di berbagai bidang, anggaran akan di pangkas.

“Misalkan penyertaan modal pada perusahaan daerah (BUMD), juga pengendalian perjalanan dinas luar daerah saat pandemi dihilangkan 50 persen, pembelian ATK (alat tulis kantor) dikendalikan 50 persen karena di ganti daring, makan minum karena rapat daring sehingga bisa kita tekan 50 persen,” kata Turi.

Dengan harapan bisa mengurangi penyerapan anggaran. Pengendalian anggakan kemudian akan di evaluasi dan dikaji ulang pada rapat perubahan APBD di pertengahan tahun 2021.

Komentar

Berita Terkait