Dewan Sayangkan TKI yang Tak Diperpanjang Kontraknya

Pati, Mitrapost.com Ketua Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Narso, menyoroti dampak global pandemi Covid-19.

Anggota Komisi B DPRD Pati yang membidangi ekonomi dan keuangan itu menyayangkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Pati yang tak diperpanjang kontraknya lantaran ekonomi negara tempatnya bekerja juga terdampak pada virus Covid-19.

“Tenaga kerja asing saat ini banyak yang pulang karena tidak diperpanjang kontraknya. Negara lain juga terdampak,” kata Narso, Senin (25/1/2021).

Baca juga: Modus Tawaran Kerja, Tiga Penyalur Tenaga Migran Ilegal Dibui

Menurutnya, TKI atau tenaga migran memiliki peran signifikan untuk membantu pengisian devisa negara. Mengingat dunia sedang dalam kondisi kritis saat ini sehingga Indonesia perlu terus menggali sumber devisa.

Baca Juga :   Dewan Pati Nilai Banjir Tahun Ini Pengulangan Peristiwa 2017 Silam

“Kalau berhasil kirim ke sana bukan hanya mengurangi SDM di sini, mereka memberikan devisa yang besar,” ungkap Narso.

Selain berkurangnya devisa negara, tidak bisa mengirim TKI ke luar negeri juga menjadi kendala sendiri bagi daerah. Sejak social distancing diberlakukan, beberapa sektor hingga kini masih ada yang macet. Hal ini menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran terbuka baru di daerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati