oleh

Serapan Dana Desa 2021 di Pati Tak Prioritaskan Pembangunan Fisik

Pati, Mitrapost.com Kepala Bidang Pembangunan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Pati, Indah Febriana mengungkapkan alokasi dana desa tahun ini masih diprioritaskan untuk pengadaan bantuan langsung tunai (BLT).

Indah mengatakan pagi dana desa Pati pada tahun 2021 sebesar Rp426.380.834.000. Jumlah tersebut dialokasikan dengan nominal berbeda ke masing-masing desa.

Alokasinya berdasarkan 4 komponen indikator diantaranya alokasi dasar, alokasi formula, alokasi kinerja, dan alokasi afirmasi.

Baca juga: Banyak Angka Stunting di Pati, Dana Desa Bisa Digunakan untuk Penanganan

Selain untuk BLT, lanjut Indah, dana desa juga wajib digunakan untuk meng-cover kebutuhan pencegahan stunting, penanganan Covid-19, dan padat karya tunai. Sedangkan untuk pembangunan fisik bisa dilakukan setelah 4 prioritas tersebut ditunaikan.

“Padat karya tunai merupakan prioritas untuk mencetak tenaga kerja desa. Khususnya masyarakat ekonomi terdampak. Kegiatan bersifat fisik bukan prioritas,” jelas Indah.

Dalam prosesnya, penggunaan desa akan diawasi oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Desa dibantu oleh Dispermades, pihak kecamatan, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Dibuat papanisasi, BPD mengawasi, kecamatan mengawasi. Sampel saja tidak sampai dilihat satu-satu. Pemeriksaan lebih ke Inspektorat, dan kita (Dispermades) lebih ke pembinaan dan pendampingan,” urai Indah.

Baca juga: Korupsi Dana Desa 3 Tahun, Mantan Kades di Batang Ditangkap

Untuk pencairan dana desa tahap pertama rencananya akan turun bulan Januari setelah peraturan bupati diturunkan.

“PMK (peraturan menteri desa) kan baru terbit pada 29 Desember 2020. Rencananya DD akan turun Januari, tapi terkait Perbub juga masih berproses. Ini masih di bagian hukum. Bagi desa yang mengumpulkan data sudah kita cek. Tapi kita naiknya setelah Perbub turun,” katanya. (*)

Baca juga: Dana Desa Kabupaten Pati 2021 Rp 426 Miliar

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

 

Komentar

Berita Terkait