oleh

Siapkan Penerapan Tilang Elektronik, Rembang Bakal Berlakukan Pra E-Tilang

Rembang, Mitrapost.com – Kegiatan penilangan dalam beberapa waktu dekat akan mengalami transisi.  Berdasarkan isu yang beredar penilangan yang selama ini berjalan secara manual dilakukan oleh petugas di lapangan akan beralih ke tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Baur Tilang Satlantas Rembang, Cahyo Prabowo menjelaskan sistem tilang elektronik ini nantinya kan menggunakan CCTV untuk memantau pelanggar lalu lintas.

“Untuk penjelasan sistem ETLE terkait onlinenisasi terus penanganannya itu akan melalui CCTV, untuk sementara ini baru dikaji. Karena berhubung di Rembang itu belum mempunyai sarana memadai,” ungkapnya, Kamis (29/1/2021).

Baca juga: Awal Tahun, Lahan Tanam Padi di Rembang Melebihi Target

Meski begitu, di tengah sarana dan prasana yang kurang memadai, penilangan dengan cara tersebut akan dilakukan di Rembang. Salah satu cara yang dijelaskan oleh Cahyo Prabowo menggunakan sistem pra e-tilang. Upaya ini sekaligus dimaksudkan sebagai simulasi atau persiapan menghadapi penilangan secara online.

“Nanti dalam pra e-tilang, petugas di lapangan foto dan video pelanggaran Lalulintas, identifikasi data pelanggar dan kendaraan, selanjutnya memberi surat kepada yang bersangkutan lewat POS.

Baca juga: Awal Tahun, Lahan Tanam Padi di Rembang Melebihi Target

Sementara itu, Cahyo Prabowo mengaku di masa pandemi saat ini pihaknya menghentikan kegiatan tilang sementara. Pasalnya, pihanya mengaku tengah fokus mendisiplinkan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

“Sementara ini (penilangan) tetep dievaluasi.  Karena dampak Covid-19 ini masyarakat terbebani atau gimana. Tapi saya tetap mengimbau kepada masyarakat meski keadaannya masih seperti ini. masyarakat tetap tertib berlalu lintas. Jangan sampai lampu merah diterobos, gak pakai helm. Jadi keselamatan umum harus diutamakan,” tandasnya. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Aziz Afifi

Gambar Gravatar
Wartawan Mitrapost.com Area Rembang dan Blora

Berita Terkait