oleh

HPN, Insan Pers Diharapkan Tetap Jaga Idealisme di Tengah Persaingan Industri

Pati, Mitrapost.com – Di Hari Pers Nasional (BPN) yang jatuh pada hari ini, Selasa (9/2/2021) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati berharap insan pers tetap menjaga idealisme di tengah persaingan industri.

“Kita berharap pers tetap berpihak kepada kebenaran demi tegaknya keadilan dan masyarakat kita juga mengharapkan seperti itu,” ujar anggota DPRD Kabupaten Pati Narso kepada Mitrapost.com, Selasa (9/2/2021).

Idealisme ini perlu benar-benar dijaga para pegiat pers mengingat dalam sejarahnya, pers selalu digoda dengan berbagai kepentingan-kepentingan yang menggodanya untuk tidak memberitakan yang sesuai fakta.

Baca juga: Dewan Minta Pemkab Siapkan Mitigasi Bencana

“Karena pada sejarahnya selalu ada kepentingan-kepentingan yang ingin menunggangi pers,” tutur Narso.

Maka dari itu, Narso menilai pers harus tetap berpihak kepada kebenaran agar bisa tersuarakan dan terciptanya keadilan.

“Pada akhirnya pers harus menemukan jati dirinya untuk menyuarakan kebenaran yang ada di masyarakat agar semua orang bisa tahu. Dan begitu bisa tegakkan keadilan,” kata polisi asal Partai Keadilan Sejahtera ini.

Baca juga: Dewan Pati Apresiasi Pembatalan Pemotongan Insetif Nakes Covid-19

Narso menyadari pers selalu diharapkan dalam dua pilihan, idealisme atau industri. Namun, Narso yakin insan pers mampu menjalankan keduanya secara beriringan.

“Saat ini kondisinya ada persimpangan yah, antara pers sebagai sebuah idealisme, menyuarakan kebenaran tadi, maupun pers sebagai sebuah industri,” kata Narso.

“Kita harapkan dua-duanya berjalan secara seimbang dan selaras. Sehingga insan para tetap terhidupi dan idealisme kebenaran tetap bisa diperjuangkan,” tandasnya. (Adv/UH/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait