oleh

Tak Ada Atraksi Barongsai di Klenteng Hok Tik Bio Rembang

Rembang, Mitrapost.com Tak ada perayaan tahun baru Imlek seperti atraksi barongsai hingga orkes tunggal di Kabupaten Rembang.

Juru kunci klenteng Hok Tik Bio Rembang, Susanto, mengatakan jika biasanya perayaan Imlek diwarnai dengan berbagai festival mulai dari atraksi barongsai, orkes tunggal, dan wayang kulit kali ini perayaan Imlek di klenteng sangat sepi.

“Untuk tahun ini, tentunya berbeda ya, bahkan berubah. Kan pandemi, tidak ada perayaan, kaya misalnya barongsai. Ya gak hanya kita. Kan semua umat merasakan ya, kemaren Natal juga gitu,” ujar Susanto saat ditemui pada Jumat (12/2/2021).

Baca juga: Pandemi, Seluruh Kelenteng di Pati Tak Rayakan Imlek

Meski demikian, pihaknya tidak melarang pelaksanaan ibadah dan sembahyang di klenteng. Akan tetapi, bagi Jemaah umat Konghuchu yang mau melaksanakan sembahyang di klenteng yang dikelola Yayasan Dwi Kumala ini harus mengantre.

Selain itu, jemaah diwajibkan menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan mengingat kondisi pandemi Covid-19.

Pihak klenteng, lanjut Susanto, telah mematuhi penerapan prokes di tempat ibadah dengan menyediakan tempat cuci tangan.

Selain sepi perayaan, jemaah yang datang untuk sembahyang pun tak seramai sebelumnya. Bahkan satuan polisi satlantas terpantau hadir memantau dan menjaga kondisi klenteng tetap kondusif dan berjalan sesuai protokol kesehatan yang berlaku. (*)

Baca juga: Tahun Baru Imlek di Tengah Pandemi, Kelenteng di Rembang Sepi Pengunjung

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

 

 

Berita Terkait