oleh

Tingkatkan SDM Penyuluh Pertanian, Dispertan Pati Gelar Bimtek

Pati, Mitrapost.com Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk Peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sebagai Pusat Gerakan Kostratani.

Bimtek digelar dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada Senin (15/2/2021) diikuti oleh 40 peserta, dan dilanjutkan gelombang kedua pada Selasa (16/2/2021) yang juga diikuti oleh 40 peserta.

Sebanyak 80 orang peserta tersebut terdiri penyuluh pertanian dan koordinator BPP se-Kabupaten Pati.

Mengingat masa pandemi Covid-19 belum berakhir, bimtek digelar dengan protokoler kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Acara yang digelar di Aula Dispertan Pati dilaksanakan guna meningkatkan SDM para penyuluh pertanian Dispertan Pati sehingga mampu menjadi jembatan antara pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian dan masayarakat petani di lini bawah.

Baca juga: Menghadapi Musim Kemarau, Penyuluh Pertanian Pati Imbau Petani Tanam Palawija

Penyuluh pertanian juga diharapkan mampu memotivasi para petani di Pati agar lebih percaya diri dalam melaksanakan usahanya sehingga produktivitasnya bisa terus meningkat.

“Untuk mendampingi para petani sebagai pelaksana gerakan pembangunan pertanian di tingkat lapangan, penyuluh mau tidak mau diharapkan terampil dan mampu menyikapi program di tingkat pusat sehingga benar-benar dilaksanakan di lapangan,” kata Rusadi, Kepala SDM Pertanian Dispertan Pati, Selasa (16/2/2021).

Para narasumber yang terdiri dari penyuluh pertanian dan praktisi petani di lapangan memaparkan materi tantang program usaha tani, pengolahan tanah, hingga strategi optimalisasi lahan.

“Sering ada lahan pertanian yang belum optimal. Dengan pelatihan minimal bisa meningkatkan IP indeks pertanaman. Harapannya (para petani) bisa panen 3 kali setahun dan bagi yang tadah hujan bisa panen 2 kali satu tahun,” pungkas Rusadi. (Adv)

Baca juga: Dapatkan Jaminan Pertanian, Dispertan Pati Ajak Petani Mendaftar AUTP

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

 

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait