oleh

Pastikan Harga Sembako Konsisten, Dewan Ikut Lakukan Sidak

Pati, Mitrapost.com Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, M. Danung Singgihaji mengupayakan untuk senantiasa memantau fluktuasi harga sembako di pasar.

“Kami dari Komisi B DPRD mengagendakan penjadwalan sidak ke pasar di wilayah Kabupaten Pati. Upaya ini dilakukan untuk menjamin semua pasokan sembako tersedia dengan harga stabil,” ujarnya, Selasa (23/2/2021).

Melalui inspeksi ke lapangan, menurut Danung, merupakan bentuk pengawasan terhadap perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar. Supaya harga terkontrol serta mengantisipasi kenakalan pedagang dalam menentukan harga.

Baca juga: Harga Bahan Pokok Fluktuatif, Pemerintah Diminta Buat Patokan Harga

Selain itu sidak yang dilakukan sekaligus untuk mengamankan jalur distribusi bahan-bahan kebutuhan pokok agar tidak dimanfaatkan oknum-oknum pedagang.

“Kami mengagendakan satu bulan sekali melakukan sidak ke pasar. Misalnya, bulan kemarin ke pasar Trangkil, bulan ini ke Pasar Tayu, bulan depan ke Pasar Kayen dan bulan depannya lagi ke pasar-pasar lain di seluruh wilayah Kabupaten Pati,” ujarnya.

Selain dari dewan, Dispertan, Disperdagperin, dan pengelola pasar juga saling berkoordinasi dalam memantau harga bahan pokok di pasar sekaligus menyampaikan sosialisasi.

Pihaknya seringkali mengingatkan kepada para pedagang agar tidak menaikkan harga semaunya sendiri, apalagi sampai menimbun bahan-bahan kebutuhan pokok.

“Kami mengantisipasi adanya penimbunan bahan-bahan kebutuhan pokok. Jika mereka melakukan dengan sengaja, maka akan kami tindak tegas,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Pantau Penerapan PPKM Jilid II, Pemkab Rembang Sidak Sejumlah Wilayah

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

 

Berita Terkait