oleh

Video : RSUD RAA Soewondo: Kebiasaan Membersihkan Gigi Perlu Ditanamkan Sejak Kecil

Pati, Mitrapost.com – Plt Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo Pati, Pirno, melalui dokter Poli Gigi Anak drg Yunita Karolina, MDSc, Sp KGA mengatakan kebiasaan membersihkan gigi perlu ditanamkan sejak kecil.

Hal ini perlu dibiasakan agar kesehatan gigi terjaga dari usia dini serta kebiasaan peduli tentang kebersihan gigi tertanam sejak kecil.

Menurut Yunita, kebanyakan masyarakat Indonesia tidak mempedulikan kebersihan dan kesehatan gigi anak. Padahal hal ini bisa mempengaruhi kesehatan tubuh anak.

Mengigat sumber asupan gizi berasal dari makanan. Apabila kondisi gigi maupun mulut anak tidak sehat, maka anak akan kesulitan makan dan membuat asupan gizinya berkurang.

Seringkali, pihaknya menemukan kebiasan buruk anak di usia dini. Kebiasaan buruk ini di antaranya mengenyot ibu jari, susu botol dan lainnya. Hal ini membuat kebersihan pada mulut dan gigi kurang terjaga serta membuat gigi berisiko tidak rapi ketika di usia dewasa.

“Itu ada caranya sendiri bagaimana kebiasan buruk ini bisa dihentikan. Ada alat-alatnya tersendiri di kami. Jadi nanti sudah mulai gigi permanen itu bisa rapi,” kata Yunita saat ditemui Mitrapost.com di Poli Gigi Anak, Sabtu (27/2/2021) lalu.

Pihaknya pun mengimbau kepada orang tua untuk mendidik anak agar memperhatikan kebersihan gigi sejak kecil. Dengan begitu, pola kebiasaan membersihkan gigi bisa terbentuk tersendiri.

Tentang Penulis: Redaksi Video

Gambar Gravatar
Tim Redaksi Khusus Video dan Konten

Berita Terkait