oleh

Video : Rawan Curang, Kajari Pati Baru Siap Kawal Pilkades Serentak

Pati, Mitrapost.com – Dalam rangka meminimalisir kecurangan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pati Mahmudi siap mengawal Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 yang digelar secara serentak.

Hal ini diungkapkan Mahmudi kepada awak media selepas mengikuti acara Kenal Sambut Kajari Pati di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (4/3/2021) siang.

BPKAD Pati

Mahmudi mengatakan pihaknya siap terjun ke lapangan untuk memantau jalannya pemilihan kepala desa yang digelar di 219 desa di Kabupaten Pati ini.

“Pilkades untuk penanganan kami akan survei ke lapangan dengan Kasi Intel dan Kasi Pidum bila ada kecurangan. Kita sudah mulai gerak ini,” tutur Mahmudi yang dilantik menjadi Kajari Pati pada 22 Februari 2021 di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah ini.

Apabila ada laporan indikasi pelanggan pidana dalam Pilkades dan ditemukan barang bukti yang cukup, pihaknya siap menyeret ke ranah hukum.

“Sanksi hukum. Termasuk money politic. Kalau terbukti akan kita proses. Kalau tidak terbukti ya ndak,” ujar Mahmudi.

Ia tidak mau tergesa-gesa dalam menangani perkara. Mahmudi khawatir laporan-laporan tentang Pilkades dimanfaatkan oleh oknum untuk menjatuhkan lawan politik.

“Kekhawatiran kita untuk menjatuhkan lawan-lawan itu. (Tetapi) untuk pengawasan tetap kita lakukan,” tuturnya.

Berita Terkait