oleh

Dispertan Pati Upayakan Pemkab Ikut Beri Subsidi Asuransi Pertanian

Pati, Mitrapost.com – Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi mengalokasikan dana untuk subsidi bayar premi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), dalam bentuk program AUTP APBN dan AUTP APBD, bagi petani kurang mampu.

Program AUTP digagas pemerintah untuk menanggulangi kerugian para petani terhadap dampak bencana alam dan serangan hama.

Berdasarkan wawancara Mitrapost.com dengan Seksi Agribisnis Dispertan Pati pada Rabu (23/12/2020), diketahui program AUTP di Pati baru mampu mengcover 4 kecamatan saja yakni Kecamatan Pati, Dukuhseti, Gabus, dan Jekenan.

Baca juga: News Grafis : DPRD Dukung Langkah Dispertan Tingkatkan Produktivitas Petani Tembakau

Kun Saptono, selaku Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura mengatakan, lahan pertanian padi di Pati sangat luas, belum lagi untuk kuota subsidi AUTP, Kabupaten Pati harus berebut dengan Provinsi lain.

Oleh karenanya, Dispertan Pati berupaya mencari anggaran lain untuk mengcover lahan sawah yang belum terdaftar dalam AUTP salah satunya melalui APBD Kabupaten, Sehingga diharapkan  seluruh kecamatan di Kabupaten Pati bisa menikmati program ini.

Support pemerintah ada dua sumber anggaran lewat Kementan dan Pemerintah Provinsi. Kabupaten belum,” kata Kun saat di wawancarai Mitrapost.com di Kantornya Kemarin.

Baca juga: Video : Dispertan Pati Serahkan Bantuan Alat Transportasi Bagi Petani Tembakau

Kun mengaku untuk realisasikan wacana ini, Dispertan Pati telah menggelar komunikasi dengan lintas sektoral, baik dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun pihak legislatif (DPRD).

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait