oleh

Bahaya yang Mengintai Akibat Main HP Menjelang Tidur

Mitrapost.com Kecanduan gawai atau handphone membuat orang sulit untuk tidak lepas menggunakannya. Bahkan tak sedikit orang yang masih menggunakan gawai menjelang tidur. Akibatnya, otak dan tangan tak bisa berhenti men-scroll layar ponsel dan berujung melewatkan waktu tidur tanpa sadar.

Melansir artikel Halodoc yang ditinjau oleh dr. Fadhli Rizal Makarim ada sejumlah bahaya mengintai dari kebiasaan bermain gawai sebelum tidur, yaitu:

BPKAD Pati

Kerusakan mata

Efek yang paling terasa saat memainkan gadget menjelang tidur adalah kerusakan retina mata. Hal ini karena paparan cahaya biru yang berlebihan. Apalagi jika gawai digunakan saat kondisi cahaya redup, dampak negatif pada mata lebih cepat memicu kerusakan penglihatan.

Cahaya tersebut dapat menyebabkan degenerasi makula, yaitu kondisi yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan pusat pada manusia.

Sakit mata akibat keseringan bermain gadget diawali dengan mata terasa kering, nyeri, berair, perih panas, dan gatal. Kondisi ini dapat membuat mata jadi lebih sensitif pada cahaya sehingga mudah silau.

Di samping itu, stres mata dapat membuat penglihatan jadi buram dan terganggu. Jadi, penggunaan gadget memang dibutuhkan, namun tetap mengutamakan kesehatan mata.

Baca juga: Hindari Kondisi Digital Fatigue dengan Detoks Digital

Lelah otak

Menggunakan ponsel secara tidak disadari bisa mengganggu pola tidur, lantaran jam tidur menjadi berkurang.

Otak yang seharusnya sudah beristirahat terpaksa masih harus menjalankan tugasnya selama terjaga dan bermain ponsel. Akibatnya otak mengalami kelelahan, terlebih jika menjalani aktivitas yang padat dan menguras tenaga keesokan harinya hingga kesulitan berkonsentrasi dan sering mengalami sakit kepala.

Depresi

Berinteraksi aktif dengan gadget bisa berdampak pada kesehatan mental. Tetap aktif di dunia maya jika dilakukan secara berulang bisa mengakibatkan depresi.

Depresi itu bisa datang saat membuka laman media sosial teman atau mendapati unggahan-unggahan lain yang memicu otak membandingkan apa yang dimiliki teman dengan yang sedang dialami diri sendiri. Hal ini dapat memicu suasana hati tertekan, merasa tidak aman, hingga cemas.

Terlalu lama dan sering menggunakan perangkat digital juga dapat menyebabkan digital fatigue. Oleh sebab itu ada baiknya mengistirahatkan tubuh dari gadget serta menggunakannya dengan bijak. (*)

Baca juga: Terlalu Lama di depan Komputer, Lakukan Senam Mata untuk Redakan Mata Lelah

 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait