Bahaya yang Mengintai Akibat Main HP Menjelang Tidur

Mitrapost.com Kecanduan gawai atau handphone membuat orang sulit untuk tidak lepas menggunakannya. Bahkan tak sedikit orang yang masih menggunakan gawai menjelang tidur. Akibatnya, otak dan tangan tak bisa berhenti men-scroll layar ponsel dan berujung melewatkan waktu tidur tanpa sadar.

Melansir artikel Halodoc yang ditinjau oleh dr. Fadhli Rizal Makarim ada sejumlah bahaya mengintai dari kebiasaan bermain gawai sebelum tidur, yaitu:

Kerusakan mata

Efek yang paling terasa saat memainkan gadget menjelang tidur adalah kerusakan retina mata. Hal ini karena paparan cahaya biru yang berlebihan. Apalagi jika gawai digunakan saat kondisi cahaya redup, dampak negatif pada mata lebih cepat memicu kerusakan penglihatan.

Baca Juga :   Kenali Penyebab Pusing Ketika Bangun Tidur

Cahaya tersebut dapat menyebabkan degenerasi makula, yaitu kondisi yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan pusat pada manusia.

Sakit mata akibat keseringan bermain gadget diawali dengan mata terasa kering, nyeri, berair, perih panas, dan gatal. Kondisi ini dapat membuat mata jadi lebih sensitif pada cahaya sehingga mudah silau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati