oleh

Bangkitkan Perekonomian, Manajemen Peternakan Pati Harus Baik

Pati, Mitrapost.com – Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati agar memperhatikan sektor peternakan.

Ia mengungkapkan, di Kabupaten Pati punya potensi besar untuk membangkitkan sektor peternakan demi meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Sehingga sektor tersebut dapat menjadi peluang demi mengoptimalkan sumber daya setempat.

“Peternakan bisa menjadi peluang untuk kemajuan ekonomi masyarakat lokal. Apalagi, di wilayah kita cukup mendukung potensi ternak, seperti bebek dan sapi,” ungkap Narso saat dihubungi Mitrapost.com, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Dewan Ikut Pantau Perbaikan Jalan Raya Pati-Gabus

Jika sektor tersebut mendapatkan perhatian yang serius, berupa manajemen pelatihan yang berguna. Maka manajemen pengelolaan kelompok akan semakin baik dan modern.

“Akan lebih bagus kalau peternakan dikelola secara modern, dengan manajemen yang tertata sistematis,” ungkap Ketua Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) tersebut.

Perlu adanya koordinasi antara Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati bersama Balai Penyuluh Pertanian (BPP) dan para kelompok tani yang tersebar di berbagai daerah. Hal ini berguna untuk memberikan stimulus berupa pelatihan manajerial yang modern kepada pelaku tani maupun pelaku ternak.

Baca juga: Program Kartu Prakerja Dibuka Lagi, Ini Respons Dewan Pati

Di beberapa wilayah Kabupaten Pati, seperti di Margoyoso mempunyai banyak kelompok tani yang bergerak di berbagai sektor. Diantaranya perkebunan, peternakan, maupun pertanian.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menambahkan, selain didukung lingkungan subur dengan vegetasi tanaman yang melimpah. Petani perlu dipahamkan tentang beberapa tanaman yang berguna untuk kebutuhan pakan ternak.

Berita Terkait