oleh

Nyeri Otot Usai Olahraga, Berikut Cara Mengatasinya

Mitrapost.com – Setelah berolahraga terkadang membuat merasakan nyeri otot, hal ini adalah wajar. Meski tak berbahaya, hal ini menimbulkan kekhawatiran adanya cedera serius.

Nyeri otot setelah olahraga biasanya dialami oleh orang yang berolahraga setelah beberapa waktu tidak melakukannya, baru saja meningkatkan intensitas olahraga, atau mencoba jenis olahraga baru.

Nyeri otot ini biasanya muncul dalam waktu 24-48 jam setelah berolahraga dengan intensitas yang cukup tinggi, seperti jogging, aerobik atau angkat beban.

Baca juga: Manfaatkan Kotoran Sapi, Poktan Rukun Mulyo Buat Pupuk Organik

Kondisi ini bisa menyebabkan keluhan nyeri otot ringan hingga berat, kaku otot, pegal-pegal, sedikit pembengkakan pada otot, dan berkurangnya kekuatan otot untuk sementara waktu. Jika otot diistirahatkan, keluhan nyeri dan kaku tersebut biasanya akan lebih cepat membaik.

Orang yang jarang melakukan pemanasan atau tidak melakukan pemanasan dengan baik sebelum berolahraga memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami otot nyeri

Tips untuk Meringankan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Dikutip dari alodokter.com, saat otot nyeri terjadi terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan keluhan ini, yaitu dengan:

  1. Pemijatan lembut

Pijatan ringan dan lembut di bagian tubuh yang nyeri terbukti dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang saraf, sehingga mengurangi rasa sakit dan pembengkakan otot.

  1. Kompres dingin atau hangat

Jika nyeri baru muncul dan terdapat sedikit pembengkakan pada otot, kamu bisa mengompresnya dengan kompres dingin selama 10-15 menit. Caranya, bungkus es batu dengan kain atau handuk, lalu tempelkan pada otot yang nyeri dan bengkak.

Baca juga: Tips Mudah Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Setelah nyeri mulai reda dan tidak ada pembengkakan, kamu bisa mempercepat pemulihannya dengan kompres hangat selama 10-15 menit.

  1. Memperbanyak istirahat

Untuk membantu pemulihan otot, dianjurkan untuk tidur selama 8-9 jam sehari dan mengonsumsi makanan tinggi protein. Jangan lupa minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

  1. Menggunakan obat-obatan

Selain cara-cara di atas, mengonsumsi obat atau mengoleskan krim obat antinyeri, seperti obat golongan antiiflamasi nonsteroid (OAINS), juga dapat membantu meringankan nyeri setelah olahraga. Cara ini juga dapat dilakukan pada nyeri otot yang sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait