oleh

Cegah Konflik Pilkades, Calon Kades dan Tokoh Pati Tandatangani Deklarasi Damai

Pati, Mitrapost.com Para calon kepala desa dan tokoh publik di Kabupaten Pati mendeklarasikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) damai di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (23/3/2021) kemarin.

Selain para calon kepala desa, Bupati Pati Haryanto dan Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Bambang Susilo juga ikut menandatangani deklarasi ini.

Bambang mengatakan deklarasi damai ini merupakan salah satu langkah agar tahapan-tahapan Pilkades hingga berakhirnya pilkades berjalan dengan aman, damai dan kondusif.

“Ini ada semacam kesepakatan bersama calon pilkades. Diharapkan agar Pilkades berjalan dengan   aman, lancar, damai. Sehingga tidak terjadi yang tidak diinginkan,” ujar politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini selepas acara.

Baca juga: Tiga Desa Gagal Gelar Pilkades, Komisi A DPRD Pati Beri Catatan

Deklarasi damai akan dilangsungkan selama tiga hari. Mulai hari Selasa (23/3/2021) kemarin hingga Kamis (25/3/2021) besok.

“Sesuai informasi yang kami terima tadi dari bagian pemerintahan bahwa nanti ada tiga tahap deklarasi damai. Jadi hari ini (23/3), besok (24/3) dan yang terakhir nanti lusa (25/3),” tuturnya.

Pilkades di Kabupaten Pati sendiri rencananya akan digelar di 219 desa. Namun, ada tiga desa yang dipastikan tidak jadi menyelenggarakan Pilkades lantaran bakal calon tinggal 1 bakal calon.

Baca juga: Jelang Pilkades, Polres Pati Amankan 1.200 Botol Miras

Padahal berdasarkan ketentuan pasal 28 ayat 2 Peraturan Bupati (Perbub) nomor 88 tahun 2020, penetapan calon kepala desa minimal berjumlah 2 dan maksimal berjumlah lima calon.

Ketiga desa yang gagal menjalankan Pilkades pada tahun 2021 ini yakni Desa Margorejo, Kecamatan Wedarijaksa; Desa Wirun, Kecamatan Winong; serta Desa Kebonturi, Kecamatan Jaken.

Saat ini Pilkades di Kabupaten Pati masih dalam tahapan penelitian, klarifikasi, penetapan dan pengumuman calon kapala desa. Pemungutan suara sendiri akan berlangsung pada tanggal 10 April 2021 nanti. (Adv)

Baca juga: Sejumlah Desa Batal Gelar Pilkades, Warsiti: Tak Paham Aturan

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait