oleh

Video : Produksi Kelapa Kopyor di Pati Meningkat

Pati, Mitrapost.com – Seksi Data dan Informasi (Kasi) Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati mencatat pada Maret 2021, terdapat 1.030.757 Kilogram kelapa kopyor yang dihasilkan di Kabupaten Pati pada tahun 2020.

Menurut Aldonny Nurdiansyah, terhitung sejak 2018 produksi kelapa kopyor yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Pati mengalami kenaikan. Pasalnya, produksi kelapa kopyor pada 2018 hanya mencapai 882.927 kilogram. Sementara pada 2019 mencapai 886.652 kilogram.

“Kami memantau sejak 2018 sampai dengan 2020, produksi kelapa kopyor mengalami kenaikan. Sehingga akan semakin banyak buah yang bisa diproduksi untuk kebutuhan masyarakat di Kabupaten Pati,” ungkapnya kepada Mitrapost.com, Rabu (24/3/2021).

Kelapa kopyor merupakan salah satu komoditas perkebunan tahunan yang terdapat di Bumi Mina Tani. Komoditas kelapa kopyor tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Pati. Diantaranya, Dukuhseti, Margoyoso, Cluwak, Gunungwungkal, Tayu, Trangkil, Wedarijaksa, Tlogowungu, Gembong, Margorejo, Pati, Tambakromo, Kayen, dan Sukolilo.

Menurut data Dispertan, komoditas kelapa kopyor terbesar di Pati berada di Kecamatan Margoyoso dengan total luas areal 293,53 hektare.

Sebelumnya, menurut Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dispertan Kabupaten Pati, kualitas rasa kelapa kopyor Pati telah mengalahkan kualitas rasa kelapa lain di sekitar Kabupaten Pati. Menurutnya, kelapa kopyor Pati telah melalui uji organoleptik.

Dalam uji tersebut Dispertan bersama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui uji organoleptik kelapa kopyor Gembong. Di sisi lain, ada juga tandingan dari kelapa kota lain, seperti Kudus, Rembang, dan Demak. Alhasil, rasa kelapa kopyor Pati lebih gurih dan enak.

Tentang Penulis: Redaksi Video

Gambar Gravatar
Tim Redaksi Khusus Video dan Konten

Berita Terkait