oleh

DPRD Pati Dukung Dispertan Pangkas Rantai Distribusi Hasil Tembakau

Pati, Mitrapost.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendukung langkah Dinas Pertanian Pati yang menjembatani jual-beli hasil tembakau para petani.

Dispertan bermitra dengan PT. Sadana Arif Nusa, Rembang untuk memangkas rantai distribusi hasil tembakau.

Menurut Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati, Darbi, upaya pemerintah dalam proses pemasaran tembakau merupakan langkah yang layak didukung.

“Saya setuju, karena peranan Pemerintah dalam hal ini untuk untuk meningkatkan perekonomomian petani tembakau di Kabupaten Pati,” ujarnya, Rabu (24/3/2021).

Menurut politisi dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut, Dispertan Kabupaten Pati telah memberikan kontribusi maksimal dalam menunjang kemudahan akses sejumlah kelompok tani tembakau di Bumi Mina Tani.

Baca juga: Dispertan Pati Pastikan Penjualan Tembakau Berjalan Baik

Ia memperkirakan dengan adanya kemitraan antara petani tembakau dengan perusahaan mampu memberikan kesejahteraan bagi petani dan masyarakat.

“Kita semua berharap kerjasama antar petani dengan perusahaan tersebut mampu memberikan dampak positif bagi petani tembakau. Terutama dalam memberikan kelayakan harga komoditi tembakau,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau para petani tembakau agar memanfaatkan akses yang diberikan oleh Dispertan Pati.

Perlu diketahui, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Provinsi Jawa Tengah telah menganggarkan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) untuk pengadaan sarana dan prasarana pertanian tembakau.

Sarana dan prasarana tersebut nantinya akan diberikan kepada kelompok petani tembakau di Kabupaten Pati. Berupa pupuk KNO3, pupuk NPK, Kultivator, Mesin perajang. Rencananya akan disalurkan pada bulan April 2021 bertepatan diawal masa tanam tembakau. (Adv)

Baca juga: Bantuan Motor Viar Diharapkan Bantu Distribusi Hasil Panen Tembakau

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Berita Terkait