oleh

Dana ZIS di Rembang Mulai Didistribusikan

Rembang, Mitrapost.com – Dana zakat, infaq dan sedekah (ZIS) di Rembang mulai didistribusikan hari ini, Kamis (24/3/2021). Hal tersebut lakukan secara simbolis oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz di kantor Baznas.

Menurut Ketua Baznas Rembang, Abdul Wahid Hasby menyebutkan total bantuan yang didistribusikan senilai Rp918.600.000.

Dengan total bantuan untuk sembako senilai Rp360 juta terdiri dari 4.704 liter minyak goreng, 48 kuintal gula pasir, 2352 kaleng biskuit, 2352 bungkus teh, 11.360 bungkus mie instan, 11.076 kilogram beras, dan tas kain sablon.

Sedangkan, untuk bantuan uang tunai setiap orang mendapatkan sebesar Rp250 ribu dengan jumlah penerima 882 orang. Jika ditotal keseluruhan, bantuan tunai yang diberikan sebanyak Rp220.500.000.

Baca juga: News Grafis : 800 Guru Rembang akan di Vaksin

“Untuk bantuan anak yatim piatu sedikit berbeda, masing-masing orang mendapat Rp200 ribu. Dengan total bantuan senilai Rp117.600.000. Sementara untuk guru madin mendapat Rp250 ribu, dan marbot masjid Rp250 ribu. Total pengeluaran uang tunai Rp558.600.000, berarti yang kita salurkan jumlahnya sesuai dengan yang terpampang di spanduk di hadapan kita,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan, ada kenaikan jumlah dana zakat di Baznas. Meski begitu, peningkatan yang ada belum dapat memenuhi target yang diinginkan.

Melihat itu, ia meminta Baznas untuk melakukan edukasi supaya zakat tidak hanya dilakukan kalangan ASN saja melainkan juga dilakukan oleh masyarakat. Ditambah dengan rencana akan diperdakannya zakat, Ia meyakini pendapatan zakat Baznas akan meningkat hingga 5 kali lipat.

Baca juga: News Grafis : Rembang Mulai Berlakukan Tilang Online

Alhamdulillah ini dari tahun ke tahun ada peningkatan pendapatan, meskipun belum sesuai harapan. Kalau kita jujur, dengan perda zakat nanti insyaallah akan meningkat empat sampai lima kali pendapatan kita. Sehingga nantinya sasaran-sasaran yang akan menerima juga akan semakin bertambah,” terangnya.

Pendistribusian sembako itu, lanjut Bupati Hafidz, juga merupakan program untuk menunjang pengentasan kemiskinan di Rembang. Dirinya berharap, penyaluran bantuan dilakukan secara selektif, agar bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan program sehat. Diantaranya, bantuan operasi tempurung kepala kepada Zahra Lailatul Husna dari Desa Pakis Kecamatan Sale, bantuan kaki palsu kepada Tarwilah dari Desa Terjan Kecamatan Kragan, bantuan kaki palsu kepada Yami dari Desa Langkir Kecamatan Pancur dan bantuan kursi roda kepada Dwi Prasetyo dari Desa Langkir Kecamatan Pancur. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Aziz Afifi

Gambar Gravatar
Wartawan Mitrapost.com Area Rembang dan Blora

Komentar

Berita Terkait