Video : Dispertan Pati Adakan Pelatihan Krupuk Sehat Non Bleng

Pati, Mitrapost.com – Prihatin dengan maraknya kasus krupuk campuran boraks atau biasa disebut bleng, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati melalui Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Gabus mengadakan pelatihan krupuk sehat non bleng di Desa Mintobasuki Kecamatan Gabus hari ini, Sabtu (27/3/2021).

Dalam pelaksanaannya, BPP Pati menggandeng Sri Rahayu Gusmarwani yang merupakan Dosen Teknik Kimia di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Sementara pesertanya diambil dari asosiasi kelompok wanita tani se-Kecamatan Gabus binaan Dispertan Pati.

Eni Prasetyowati, Koordinator BPP Gabus, menyayangkan pengggunaan bleng pada krupuk tradisional di masyarakat seolah sudah menjadi kebiasaan.

Masyarakat menggunakan bleng pada krupuk untuk mengenyalkan, pengembang adonan hingga memberikan aroma khas pada krupuk.

Baca Juga :   Dispertan Pati Pastikan Bulog dan Konstraling Serap 16 Ribu Ton Gabah Petani

Padahal bahan kimia bleng sangat tidak dianjurkan digunakan untuk makanan. Bentuk murni dari bleng banyak dikenal dengan nama boraks. Boraks biasanya digunakan untuk membuat campuran deterjen, plastik, antiseptik, hingga pembasmi serangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati