oleh

Lima Desa Wisata Rembang Bakal Terima Bantuan

Rembang, Mitrapost.com – Sejumlah desa wisata di Rembang pada tahun ini akan mendapatkan bantuan dari provinsi. Setidaknya ada lima desa yang disebut akan mendapatkan bantuan berupa sejumlah uang tersebut.

Hal tersebut dijelaskan oleh Purwono Kabid Destinasi Dinbudpar Rembang saat dihubungi oleh tim Mitrapost.com di sela-sela waktu saat menghadiri musyawarah desa di Desa Babagan Kecamatan Lasem, Rembang.  Ia menjelaskan dalam acara tersebut Desa Babagan akan melakukan pembangunan berupa gapura sebagai identitas desa tersebut.

“Akan menerima bantuan keuangan dari provinsi. Akan menerima untuk menunjang desa wisata senilai seratus juta. Kemarin mereka sudah mengajukan pembangunan fisik gapuro makam. Di sini makamnya belum begitu, sebagai embrio wisata la ini dimusdeskan lagi. Jadi kami sarankan untuk membuat tugu identitas batik,” ungkapnya saat di hubungi Mitrapost.com.

Baca juga: Video : Pemkab Rembang Izinkan Tempat Wisata Buka Setiap Hari

Tugu batik sendiri diusulkan sebagai tugu identitas Desa Babagan menurutnya sangat telat. Pasalnya, desa tersebut telah dikenal masyarakatnya membuat kain batik secara turun temurun.

“Karena Bagan kan sebagai kampung batik. Desa wisatanya sudah kami ajukan, (ada) SK Bupati.”

Sedangkan untuk perencanaan, segala proses dilakukan pada akhir bulan ini, hingga ditargetkan selesai pada pertengahan Mei nanti. “Untuk perencanaannya sendiri ditargetkan pada akhir Maret. Proposal harus sudah masuk lalu ditindaklanjuti dengan konsentrasi tentang pencairan dan lain sebagainya. Insyallah nanti sebelum lebaran sudah ada tidak lanjut,” Imbuhnya.

Purwono menjelaskan, desa yang menerima bantuan uang dari provinsi untuk desa pariwisata ini tidak hanya ada di Babagan saja. Ada empat lainnya yang akan mendapat bantuan dengan besaran nominal yang sama dengan Babagan. “(Desa Babagan ini) salah satu. Untuk tahun 2021 ini ada lima desa wisata,” tegasnya.

Dengan rincian empat dari kecamatan Lasem seperti Binangun, Bonang, Dasun, serta Babagan. Sedangkan yang satu berasal dari desa wisata Bangi di Kecamatan kaliori. “Untuk nominal yang diterima sama. Lima ini merupakan desa yang sudah memiliki destinasi wisata,” imbuhnya. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Aziz Afifi

Gambar Gravatar
Wartawan Mitrapost.com Area Rembang dan Blora

Komentar

Berita Terkait