Mampu Produksi 700 Ton, Dispertan Tingkatkan Budidaya Kopi Lokal

“Kami akan mendorong peningkatan budidaya kopi di Kabupaten Pati di wilayah lereng Gunung Muria. Karena menurut kami, wilayah tersebut suhu dan letak geografisnya mendukung tanaman kopi,” ungkapnya.

Terdapat tiga varietas tanaman kopi di Kabupaten Pati, antara lain kopi robusta, kopi arabika, dan kopi ekselsa.

Ia menjelaskan jika produk perkebunan kopi di Kabupaten Pati direkomendasikan untuk dapat diekspor.

Baca juga: Dispertan Pati Pastikan Bulog dan Konstraling Serap 16 Ribu Ton Gabah Petani

Kini, pihak Dispertan Kabupaten Pati tengah mencoba menjalin kerjasama dengan Balai Karantina Pertanian Semarang. Hal tersebut bertujuan agar kopi dari Pati dapat dikenal oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

Di satu sisi, Gunawan mengatakan perlunya budidaya kopi mampu meningkatkan produktivitas lahan yang terdapat di lereng Gunung Muria. Karena, tanaman kopi memiliki perakaran yang kuat dan dinilai memiliki jangkauan yang luas.

Baca Juga :   DPRD Dukung Langkah Dispertan Tingkatkan Produktivitas Petani Tembakau

“Adanya manfaat lain yang dihasilkan dari menanam kopi. Dapat memanfaatkan lahan yang ada. Selain itu, dapat mengurangi risiko banjir, karena nantinya akar-akar tanaman kopi bisa menahan laju air yang datang dari gunung,” ujar Gunawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati