oleh

Lahirkan Petani Modern, Penyuluh Pertanian P3K Pati Ikuti Coaching dari Kementan

Pati, Mitrapost.com – Penyuluh Pertanian P3K se-Kabupaten Pati hadiri acara coaching penyuluh pertanian P3K yang digelar oleh Kementerian Pertanian (Kementan) melalui video conference, Hari ini Senin (5/4/2021).

Acara bertema penyuluh profesional, berdaya saing dan berjiwa wirausaha siap tingkatkan produktivitas dan nilai tambah pertanian ini diikuti oleh 9.514 Penyuluh pertanian ASN P3K se-Indonesia.

Adapun di Pati dihadiri oleh 75 Penyuluh P3K di 7 Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se-Kabupaten Pati.

Baca juga: Mampu Produksi 700 Ton, Dispertan Tingkatkan Budidaya Kopi Lokal

“Peserta seluruh P3K sejumlah 75 PPPK. Dilaksanakan di 7 BPP, Jaken 8 peserta, BPP Pucakwangi 9 peserta, Tayu 13 peserta, Wedarijaksa 12 peserta, Tlogowungu 9 peserta, Kayen 12 peserta, Gabus 12 peserta,” kata Dwi Nugroho Koordinator PPL KJF (Penyuluh Pertanian Lapangan Kelompok Fungsional) Dinas Pertanian Pati, Senin (5/4/2021).

Lanjut Dwi, kegiatan ini adalah tindak lanjut dari pengangkatan Penyuluh Pertanian Honorer menjadi PPPK oleh pemerintah daerah ke Kementerian PANRB beberapa waktu lalu.

Dalam coaching ini penyuluh P3K akan mendapatkan materi khusus diantaranya bina sarana pertanian bagi penyuluh, metode penyuluhan media digital, dan media penyuluh berbasis aplikasi penyuluhan desain grafis.

Baca juga: Dispertan Pati Adakan Pelatihan Krupuk Sehat Non Bleng

Dalam coaching video conference tersebut Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian mengungkapkan rasa bahagianya kepada penyuluh pertanian honorer yang telah resmi diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kami berbahagia kalian telah menjadi ASN resmi negara. Ini tidak mudah karena porsinya terbatas. Terima kasih atas kemurahan Pak Jokowi. Kalian adalah bagian darin sebuah negara, presiden menteri, gubernur. Posisi kita sama mempertanggungjawabkan peran dan tugas,” katanya.

Berkenaan dengan proses pengangkatan P3K penyuluh pertanian, awalnya diusulkan sejumlah 11.590 usulan formasi oleh pemerintah daerah kepada Kementerian PANRB, dan 11.503 formasi telah menerima SK lengkap nomor induk P3K.(Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Komentar

Berita Terkait