oleh

Obat Saat Merindukan Orang yang Telah Wafat

Mitrapost.com Kondisi hati manusia susah sekali ditebak. Ia dipenuhi berbagai perasaan yang kadang tidak bisa dibendung. Salah satunya adalah saat seseorang merasakan rindu.

Jika obat rindu adalah bertemu, maka saat merindukan orang yang masih ada di dunia lebih mudah terobati karena didukung dengan teknologi yang memadai. Tapi merindukan orang yang sudah meninggal tentu lain cerita.

Doa

Dalam Islam, obat rindu kepada orang yang telah tiada adalah dengan mendoakannya. Jika seorang anak merindukan orang tua yang telah wafat, doa yang baik untuk disampaikan salah satunya adalah dengan memintakan ampun kepada Yang Maha Kuasa.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْها وَأَكْرِمْ نُزُلَها وَوَسِّعْ مُدْخَلَها وَاغْسِلْها بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّها مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْها دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِها وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِها وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِها وَأَدْخِلْها الْجَنَّةَ وَأَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Ya Allah! Ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Baca juga: Doa Meminta Kemudahan dan Keluar dari Kesukaran

Al-Fatihah

Atau jika orang yang dirindukan adalah kerabat, teman, atau guru maka membacakan surat Al Fatihah bisa juga menjadi penawar rindu.

Tahlil

Membaca kalimat tahlil لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ juga baik untuk mengobati rindu. Bacalah kalimat tahlil tersebut sebanyak-banyaknya hingga hati merasa lebih tenang dan tidak gelisah karena menahan rindu.

Surat Yasin

Dalam rangkaian tahlil, membaca surat Yasin menjadi kebiasaan umat Islam yang dibacakan kepada orang telah meninggal.

Baca juga: Doa Saat Keluar Rumah dan Dibukakan Pintu Rezeki

Ziarah

Rangkaian terakhir saat merasa kangen kepada orang yang telah wafat adallah dengan berziarah, mendatangi tempat dimana ia dikuburkan dengan melantunkan doa serta tahlil.

doa merupakan hadiah yang dapat diberikan orang yang masih hidup kepada orang yang telah meninggal. Hal seperti dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ad-Dailami, yang artinya:

“Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta pertolongan. Dia menanti-nantikan doa ayah, ibu, anak, dan kawan yang ia percaya. Apabila doa itu telah sampai kepadanya, itu lebih ia sukai daripada dunia seisinya. Dan sesungguhnya Allah SWT menyampaikan doa penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang-orang yang masih hidup kepada orang-orang yang sudah meninggal ialah memohon istighfar kepada Allah SWT untuk mereka dan bersedekah atas nama mereka.” (*)

Baca juga: Meminta Ketenangan Hati Kepada Yang Kuasa, Baca Doa Ini

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait