oleh

Aplikasi One Day One Spot Jadi Monitor Kinerja BPP Sukolilo

Pati, Mitrapost.com Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sukolilo memberikan penyuluhan secara masif kepada para Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Sukolio dengan menggunakan aplikasi One Day One Spot.

Menurut Koordinator BPP Kecamatan Sukolilo, Mudhori, aplikasi tersebut dibentuk pada Februari 2021 untuk memonitor kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar mendapatkan pengawasan.

“Aplikasi ini nantinya akan memantau kinerja kami para PPL dalam melakukan penyuluhan kepada petani. Sehingga ada bukti-bukti nyata bahwa kinerja kami memang perlu untuk dijadikan sebagai pertanggungjawaban ke dinas,” ungkap Mudhori, Sabtu (3/4/2021).

One Day One Spot juga sekaligus sebagai sarana untuk Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kinerja BPP kepada Dispertan. Salah satunya berupa dokumentasi bulanan hasil kinerja para penyuluh.

“Setiap bulan admin kami menyusun laporan di setiap penyuluhan yang sudah dilakukan. Kemudian, kami mengirimkan bukti-bukti laporan ke dinas melalui aplikasi ini,” ujarnya.

Baca juga: Majukan Pertanian, BPP Sukolilo Kelola Benih Tanaman Mandiri

Progres kinerja penyuluhan yang disampaikan melalui aplikasi tersebut juga menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan pertanian. Sehingga BPP Kecamatan Sukolilo menyikapi dengan berkomitmen memberikan laporan secara otentik di lapangan serta menyampaikan progres dari penyuluhan.

Output menjalankan One Day One Spot demi mengevaluasi kinerja PPL agar kedepannya semakin baik. Pasalnya selama ini banyak orang yang mengira kami kerjanya kurang optimal.”

Menurut Mudhori, Dispertan memberikan respon positif dari adanya penggunaan aplikasi tersebut.

“Langkah ini sekaligus menjawab dari banyaknya pihak yang mempertanyakan bukti kinerja kami, termasuk Dinas itu sendiri,” ucapnya.

Perlu diketahui, PPL BPP Kecamatan Sukolilo mengadakan penyuluhan ke lapangan pada Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis. Pada hari Jum’at PPL melakukan rekap data hasil penyuluhan dan penyusunan administrasi lainnya. Serta hari Sabtu PPL mengadakan Studi Literatur secara internal. (*)

Baca juga: Lahirkan Petani Modern, Penyuluh Pertanian P3K Pati Ikuti Coaching dari Kementan

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait