oleh

Harga Telur Ayam Mengalami Kenaikan di Awal Ramadan

Pati, Mitrapost.com Harga telur ayam mengalami kenaikan di awal bulan Ramadan. Per hari ini, Rabu (14/4/2021) harga terlur ayam mencapai Rp26 ribu per kilogram atau naik seribu rupiah dari harga semula.

“Baru saja kami melakukan survei harga bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Bulog, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Bidang Perekonomian. Kami mendapati jika harga telur ayam mengalami kenaikan Rp1.000 sejak hari ini,” ujar Petugas Informasi Pasar Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati, Uki Destiawan, saat ditemui pada Rabu (14/4/2021).

BPKAD Pati

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Agribisnis Peternakan Dispertan Kabupaten Pati, Cahyo Yuwono, menyampaikan jika persediaan kebutuhan pokok masih aman, terutama telur ayam.

Baca juga; Produksi Telur Ayam Pati Baru Mencukupi 50 Persen Kebutuhan Warga

Pihaknya berupaya selalu memantau adanya fluktuasi harga telur ayam di pasaran selama bulan Ramadan.

“Untuk stok telur per harinya selalu habis. Karena permintaan konsumen relatif meningkat. Hal inilah yang menyebabkan harganya naik,” imbuh Cahyo.

Ia merasa lega lantaran permintaan konsumen baik untuk kebutuhan industri, toko roti, rumah makan, dan catering, dapat terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Sambut Ramadan, Persit Pati Bagikan Sembako

Sedangkan menjelang hari lebaran nanti, Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Kabupaten Pati, Andi Hirawadi, memproyeksikan harga telur ayam akan mengalami kenaikan.

“Harga telur akan diproyeksikan mengalami kenaikan. Karena minat konsumen akan meningkat. Terutama mereka yang mengadakan syukuran hajatan menjelang lebaran maupun perayaan-perayaan keluarga,” ungkapnya.

Ia mengaku bahwa harga telur ayam Ramadan ini sedikit lebih mahal dibanding tahun lalu.

“Pada Ramadan 2020, harga telur hanya berkisar diantara Rp24.000 sampai dengan Rp25.000. Karena tahun tersebut sedang puncak-puncaknya pandemi Covid-19. Akan tetapi, karena tahun ini pandemi Covid-19 sudah mulai agak mereda, harga telur lebih mahal,” pungkas Andi. (*)

Baca juga: Kepokmas Rawan Naik Saat Ramadan, Bupati Semarang Sidak ke Pasar

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait