oleh

Bobol Kotak Amal Masjid di Juwana, Pelaku Diserahkan ke Kepolisan

Pati, Mitrapost.com – Warga Desa Agung Mulyo Kecamatan Juwana dihebohkan aksi pembobolan kotak amal di Masjid Jami’ Al Amin, Kamis (15/4/2021).

Seorang wanita berteriak ‘Allahu Akbar,’ ketika memergoki membobol kotak amal dan berusaha mengamankan sejumlah uang. Pelaku yang diketahui seorang diri itu akhirnya berhasil di tangkap dan diserahkan ke pihak kepolisian.

BPKAD Pati

Kejadian bermula saat salah satu jamaah wanita, Tugirah, ingin mengambil air wudu untuk melanjutkan iktikaf. Ia melakukan iktikaf setelah jamaah lain sudah pulang sehabis mengaji Alquran saat selepas salat Subuh. Waktu itu menunjukkan pukul 05.30 WIB.

Namun, ketika berada di tempat wudu yang terletak di samping masjid, Tugirah melihat orang yang mencurigakan. Orang itu menggunakan sarung dan berdekatan dengan kotak amal yang dilihatnya telah terbuka.

Baca juga: Stok Darah Minim, PMI Pati: Kalau Tak Ada Pendonor Sehari Bisa Habis

Saat dilihatnya lebih dekat, ternyata orang yang bukan warga desa setempat tersebut, tengah menggasak sejumlah uang dari dalam kotak amal.

Untuk mencegah pelaku kabur, Tugirah sontak bergegas menutup pintu gerbang masjid dan berteriak untuk mengundang perhatian warga sekitar.

“Ketika saya lihat lebih dekat ternyata maling. Terus saya terik, tapi teriaknya ndak maling-maling, Allahu Akbar. Warga ndak ada yang datang,” tuturnya saat ditemui Mitrapost.com di selapas salat Dzuhur.

Teriakan itu membuat pelaku mencoba mengancamnya. “Saya diancam mau dibunuh. Terus saya teriak minta tolong. Lah beberapa warga baru datang,” tuturnya.

Hal ini membuat pelaku pun mencoba untuk kabur. Namun tak lama dari tempat kejadian, pelaku yang panik terjatuh dari motornya dan berhasil diamankan warga.

Baca juga: Video : 14 Pelaku Pencurian Kabel Telkom Dibekuk Tim Jatanras Polda Jawa Tengah

Sementara dari pihak pengurus masjid, Kasmito, mengatakan pelaku membawa sebuah obeng dan sebilah linggis berukuran kecil.

“Di dalam tasnya ditemukan sebuah obeng, dan sebilah linggis berukuran kecil,” tuturnya.

Atas kejadian pembobolan kotak amal masjid ini, pengurus masjid dibantu warga, melaporkan kejadian tersebut ke pihak yang berwajib beserta barang bukti. Kini kasusnya sudah ditangani oleh Polsek Juwana.

“Sempat dipukul beberapa warga tapi sebelum ramai kita amankan dulu. Dan kami hubungi Pak Petinggi dan Pak Petinggi menghubungi Polsek,” tandasnya. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Komentar

Berita Terkait