oleh

Pasar Ramadan Sekararum Kembali Digelar, Warga Sambut Antusias

Rembang, Mitrapost.com – Memasuki Ramadan ketiga di tengah pandemi, Pasar Ramadan Sekararum, Desa Sekarsari, Kecamatan Sumber kembali digelar. Diinisiasi oleh komunitas pemuda Sekararum, yakni SKRM Squad, even ini berlangsung sejak hari pertama Ramadan, Selasa (13/4/2021) lalu hingga H-4 lebaran mendatang.

Berlokasi di RT 2 RW 7 Dukuh Sekararum, Desa Sekarasari, Pasar Ramadan Sekararum sendiri merupakan pasar sederhana yang khusus dibuka untuk menyemarakkan momen Ramadan. Lebih khusus bagi masyarakat Desa Sekarasari dan sekitarnya.

BPKAD Pati

Seturut penuturan Andre selaku bagian dari panitia Pasar Ramadan Sekararum, even ini pertama kali digelar pada Ramadan 2019 silam dan sebenarnya hendak berlanjut pada Ramadan 2020. Namun karena terhalang pandemi Covid-19, maka untuk tahun 2020 terpaksa ditiadakan terlebih dahulu.

Baca juga: Kepokmas Rawan Naik Saat Ramadan, Bupati Semarang Sidak ke Pasar

Maka tidak heran jika antusiasme masyarakat Desa Sekarasari dan sekitarnya luar biasa besar manakala di Ramadan kali ini Pasar Ramadan Sekararum bisa diadakan kembali.

“Sudah pernah di tahun 2019, di 2020 karena ada pandemi jadi tidak ada. Di tahun 2021 ini berarti yang kedua, dengan protokol kesehatan yang ketat,” terangnya.

Tidak hanya dari warga Desa Sekarasari sendiri, para pengunjung Pasar Ramadan Sekararum juga kebanyakan berasal dari desa-desa lain seperti, Desa Sumber, Desa Jaken, Desa Kuniran, dll. Besarnya antusiasme para pengunjung terbukti dengan adanya beberapa stand kuliner yang dagangannya bahkan sudah habis sejak pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Pahala Berkali Lipat, Beramal ke Sesama Perlu Ditingkatkan di Bulan Ramadan

“Pengunjungnya ful. Ada yang jam 5 (jualannya) sudah habis. Dan rata-rata pengunjung itu malah dari luar desa,” ujarnya.

Adapun mayoritas penjual di Pasar Ramadan Sekararum memang berasal dari Desa Sekarasari sendiri. Meskipun ada beberapa juga yang berasal dari lain desa. Andre menjelaskan bahwa untuk even tahun ini pihaknya telah menyiapkan sebanyak 30 stand. Bertambah 10 stand dari even sebelumnya yang hanya menyediakan 20 stand.

Buka setiap pukul 14.00 WIB, Pasar Ramadan Sekararum menyediakan aneka takjilan dan menu buka puasa. Antara lain seperti, kolak, es dawet, telur gulung, ikan bakar, bakso bakar, sempolan, dll. Dan khusus untuk akhir pekan direncanakan akan ada hiburan berupa live music yang diisi oleh grup-grup musik baik dari Desa Sekarasari sendiri maupun mengundang dari luar. Sebagaimana yang pernah dilakukan untuk even yang pertama 2019 lalu.

“Live musiknya Sabtu sama Minggu, personelnya dari anak sini sendiri juga ada yang dari luar. Musik gamelan, rebana kolaborasi sama musik elektrik,” pungkasnya. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait