Sunah Rasul Saat Buka Puasa Beserta Doanya

Mitrapost.com Salah satu sunah dalam menjalankan ibadah puasa adalah menyegerakan berbuka. Momen ini juga menjadikan momen berbuka sebagai pengungkapan rasa syukur kepada Allah.

Sunah berbuka di awal waktu ini dijelaskan dalam hadis riwayat Ahmad, “Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka.”

Selain dianjurkan oleh Rasul, berbuka di awal waktu masuk magrib juga baik untuk kesehatan. Hal itu untuk menghindari timbulnya gangguan kesehatan. Sebab saat menjalankan puasa perut dalam keadaan tidak diisi makanan pun minuman dalam waktu yang lama.

Sunah puasa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW saat berbuka puasa adalah dengan makan kurma, namun jika tidak ada bisa menggunakan air atau makanan lainnya.

Baca Juga :   Sambut Bulan Ramadan, 3 Amalan Malam Nisfu Syaban

Baca juga: Hal-Hal yang Memakruhkan Puasa

Hal tersebut dijelaskan dalam sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Dawud:

إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا، فَلْيُفْطِرْ عَلَى التَّمْرِ، فَإِنْ لَمْ يَجِدِ التَّمْرَ، فَعَلَى الْمَاءِ فَإِنَّ الْمَاءَ طَهُورٌ

Artinya, “Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan,” (HR Abu Dawud).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati