oleh

Sunah Rasul Saat Buka Puasa Beserta Doanya

Mitrapost.com Salah satu sunah dalam menjalankan ibadah puasa adalah menyegerakan berbuka. Momen ini juga menjadikan momen berbuka sebagai pengungkapan rasa syukur kepada Allah.

Sunah berbuka di awal waktu ini dijelaskan dalam hadis riwayat Ahmad, “Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka.”

BPKAD Pati

Selain dianjurkan oleh Rasul, berbuka di awal waktu masuk magrib juga baik untuk kesehatan. Hal itu untuk menghindari timbulnya gangguan kesehatan. Sebab saat menjalankan puasa perut dalam keadaan tidak diisi makanan pun minuman dalam waktu yang lama.

Sunah puasa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW saat berbuka puasa adalah dengan makan kurma, namun jika tidak ada bisa menggunakan air atau makanan lainnya.

Baca juga: Hal-Hal yang Memakruhkan Puasa

Hal tersebut dijelaskan dalam sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Dawud:

إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا، فَلْيُفْطِرْ عَلَى التَّمْرِ، فَإِنْ لَمْ يَجِدِ التَّمْرَ، فَعَلَى الْمَاءِ فَإِنَّ الْمَاءَ طَهُورٌ

Artinya, “Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan,” (HR Abu Dawud).

Baca juga: Hukum Berkumur dan Istinsyaq Serta Sikat Gigi Saat Puasa

Melansir laman NU Online, sunah dalam berbuka puasa adalah membaca doa sebelum dan setelah berbuka.

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ.

Artinya, “Duhai Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.”

Dari anjuran Rasul dalam menyegerakan berbuka puasa dapat ditarik kesimpulan bahwa ibadah puasa sebaiknya segera diakhiri meskipun hanya dengan seteguk air atau makan dalam porsi kecil. Sebab menunda-nunda berbuka puasa itu tidak baik. Sedangkan makan atau iftar bisa dilakukan setelah mengerjakan salat magrib. (*)

Baca juga: Beberapa Hal yang Membatalkan Puasa dan Wajib Dihindari

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait