Video : Desa Margomulyo, Sentral Itik yang Mampu Produksi 10.000 DOD Sehari

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pertanian Kabupaten Pati melalui Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Tayu perkenalkan Desa Margomulyo sebagai sentra peternak itik.

Sulhadiyanto selaku Koordinator BPP Kecamatan Tayu mengatakan, di Margomulyo terdapat 46 peternak itik aktif. Dalam sehari desa tersebut diakui mampu menetaskan 10.000 DOD (anakan itik usia sehari) per hari.

Peminat hasil ternak ini selain DOD juga dan telur banyak dicari oleh masyarakat. “Peternak di sini biasa menyuplai untuk pulau Jawa hingga luar Jawa mas. Mereka sudah punya link sendiri. Di Pati sendiri juga banyak peminatnya,” ujarnya, Jumat (16/4/2021).

Bagi warga Desa Margomulyo usaha beternak itik dianggap tidak begitu sulit. Menurutnya peternak pintar meminimalisir risiko kematian itik dan mencari pakan alternatif saat harga pakan mahal.

Baca Juga :   Video : Pati di Rumah Saja 8 Ruas Jalan di Tutup Lebih Awal

“Kalau soal pagebluk juga peternak hafal. Untuk menghindari penyakit tetelo itu divaksin. Sanitasi kandang juga sudah bagus. Mereka melarang itik memakan makanan busuk agar tak terserang penyakit,” ujar Koordinator BPP Tayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati