Kersen, Si Ceri Liar yang Bagus untuk Kesehatan

Mitrapost.com Ceri liar atau lebih dikenal dengan nama kersen dan talok kerap dijumpai di pinggir-pinggir jalan. Keberdaan tanaman ini banyak disepelekan, padahal dari segi kesehatan buah kersen kaya akan manfaatnya bagi tubuh.

Buah yang memiliki nama latin Muntingia calabura ini memiliki daging buah yang manis. Habitatnya dapat ditemui di negara tropis, bahkan dapat tumbuh di atas tanah yang buruk.

Kersen memiliki kandungan vitamin, antioksidan, serta antibiotik alami yang baik untuk tubuh. Melansir laman Klik Dokter, berikut ini manfaat konsumsi buah kersen:

Menurunkan kadar gula darah

Buah kersen bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengontrol kadar gula darah serta mencegah hiperglikemia dalam tubuh. Karena buah berwarna merah ini mengandung zat anti-diabetes seperti asam askorbat, serat, beta-karoten, riboflavin, dan tiamin.

Selain itu menurut penelitian, buah kersen mengandung gula jenis fruktosa (0,918 gr/ml), glukosa (0,661 gr/ml), dan sukrosa (0,351 gr/ml). Buah kersen juga mengandung karbohidrat 7,55 gram dalam 100 gram buahnya. Kandungan gula alami ini aman dikonsumsi sebagai alternatif pengganti gula tebu bagi penderita diabetes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati

Komentar