oleh

5 Manfaat Rambutan, Kaya Vitamin hingga Cegah Kanker

Mitrapost.comSebagai kawasan tropis, Indonesia memiliki jenis buah yang beragam. Salah satunya adalah rambutan.

Rambutan merupakan salah satu buah tropis yang sangat mudah ditemukan di beberapa Kawasan di Indonesia. Tak jarang, pohon rambutan tumbuh liar di perkebunan.

Baca juga: Manfaat Mengkudu, Mencegah Kanker hingga Menyehatkan Kulit

Memiliki bentuk yang unik seperti rambut yang menyeruak mengelilingi bentuknya yang bulat, rambutan memiliki cita rasa yang manis.

Namun, tak banyak orang yang tahu khasiat rambutan untuk kesehatan. Justru malah sebaliknya, banyak masyarakat mengklaim rambutan sebagai biang penyakit.

Nah, agar tak salah paham mengenai rambutan. Simak beberapa khasiat rambutan bagi kesehatan. Mitrapost.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/12/2020).

Baca juga: Manfaat Buah Nangka, Bisa Jaga Gula Darah

  1. Vitamin untuk Wanita yang Ingin Hamil

Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam rambutan dapat memberikan nutrisi penting. Misalnya, folat adalah vitamin yang penting untuk pembelahan sel yang sehat dan duplikasi DNA.

Dokter menganjurkan agar wanita yang ingin hamil mengonsumsi setidaknya 400 mikrogram folat setiap hari karena sangat penting untuk menghindari cacat lahir.

Baca juga: Kenali Manfaat Belimbing, Kaya akan Vitamin C

Rambutan juga penuh dengan kalium, mineral yang membantu detak jantung, fungsi ginjal, dan kontraksi otot.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Rambutan kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat. Mengonsumsi antioksidan membantu melawan radikal bebas, yang merupakan produk limbah dalam tubuh yang dapat merusak sel Anda.

Antioksidan telah terbukti mengurangi kerusakan sel dan berpotensi mengurangi risiko kanker pada banyak orang.

Baca juga: Video : 5 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

  1. Dukung Kekebalan Tubuh

Rambutan telah terbukti mendukung kesehatan sistem kekebalan dalam beberapa cara. Pertama, vitamin C di rambut terkait dengan fungsi kekebalan dan kesehatan. Mengonsumsi vitamin C secara teratur dapat membantu mendukung kesehatan kekebalan jangka panjang. Kedua, penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak tertentu dari buah rambutan dapat membantu melawan infeksi.

Ekstrak ini dapat mencegah virus mereplikasi, membantu sistem kekebalan Anda melawan kuman dengan lebih mudah.

Baca juga: Manfaat Berpikir Positif Bagi Hidupmu

  1. Atasi Pencernaan

Rambutan dapat membantu sistem pencernaan Anda menjadi lebih tangguh. Buah itu menawarkan serat makanan dalam bentuk larut dan tidak larut.

Komentar

Berita Terkait