oleh

Hindari 6 Jenis Makanan Berikut, Bisa Picu Diare

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com – Diare menjadi salah satu penyakit yang kerap kali menyerang sebagian besar orang. Gangguan pencernaan ini disebabkan oleh bakteri atau virus. Namun, penyakit sistem pencernaan ini juga bisa dipicu oleh sejumlah makanan yang dikonsumsi tubuh.

Beragam gejala terjadi saat seseorang mengalami diare. Mulai dari gejala keram perut, kembung dan gas.

BPKAD Pati

Berikut ini makanan yang patut diwaspadai bisa picu diare.

  1. Kopi

Kopi mengandung kafein yang bisa merangsang sistem penecernaan. Sebagian orang merasa ingin buang air besar setelah mengonsumsi kopi.

Konsumsi hingga tiga cangkir minuman berkafein, seperti kopi dan teh dalam sehari, dapat menyebabkan diare. Selain itu, menambahkan susu, pengganti gula, atau krimer, ke dalam kopi bisa meningkatkan efek pencahar setelah minum kopi.

Baca Juga :   Waspadai Ciri Radang Usus Beserta Penanganan

Baca juga: Info Grafis : Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur

  1. Makanan tinggi gula

Makanan yang tinggi gula dapat memicu air masuk ke usus. Hal ini bisa menyebabkan tinja menjadi sangat encer.

Tak hanya pemanis buatan, fruktosa juga bisa memicu diare karena kemampuan fruktosa hanya dalam jumlah tertentu pada satu waktu.

  1. Makanan pedas

Makanan oedas dapat memicu iritasi pada lapisan usus yang menyebabkan makanan bergerak lebih cepat melalui saluran pencernaan yang mengakibatkan kotoran encer.

Berbagai gejala dirasakan beberapa orang setelah mengonsumsi makanan pedas, seperti merasa perut panas, perih, hingga mulas.

  1. Susu dan produk olahannya

Tak semua orang bisa mengonsumsi susu ataupun produk olahannya. Beberapa orang mengalami intoleransi laktosa yang biasanya mengalami gejala buang air besar setelah mengonsumsinya.

Baca Juga :   Trik Mengenali Telur Sudah Busuk

Baca juga: Jenis-Jenis Makanan yang Bisa Menyebabkan Keracunan

Intoleransi laktosa berarti tubuh tak memiliki enzim untuk memecah gula tertentu dalam produk susu. Alih-alih memecah laktosa, justru tubuh membuang gula dengan sangat cepat yang sering menyebabkan diare.

  1. Gluten

Gluten merupakan jenis protein yang ada pada gandum. Sejumlah orang memiliki ketidakmampuan dalam mencerna gluten yang dapat memicu penyakit serius seperti celiac.

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait