Panen Padi di Pati Kota Diprediksi pada Akhir Mei

“Puri dan Ngepung mulai tanam Februari, panennya Mei minggu 4 sampai awal Juni tahun ini. Luasannya 15 hingga 17 hektare dengan varietas padi Inpari 32,” ungkap Tarjono.

Baca juga: Video : Panen Sembung, Poktan Tani Mulya Mandiri Jadi Produsen Bahan Jamu

Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Pati telah lakukan pemantauan sejak awal musim tanam. Data panen ini selanjutnya akan diinput dalam aplikasi e-Panen, agar hasil panen di Pati dapat diketahui oleh pemerintah daerah hingga pusat.

Selanjutnya, melalui aplikasi e-Panen tersebut Bupati dan Gubernur dapat intervensi terkait harga gabah, agar harganya tidak anjlok pada panen raya.

Berdasarkan data Dinas Pertanian melalui website infoharga.agrojowo.biz harga gabah kering panen saat ini berada dikisaran Rp4.300, sementara gabah kering giling di harga Rp5.000. Diharapkan harga ini bertahan hingga musim panen MT-2 nanti.

Baca Juga :   Perekrutan 312 ASN Nakes di Pati, Disambut Baik Bagi Pemilik STR

Perlu diketahui, karena menganut sistem pengairan irigasi dalam setahun Kecamatan Pati bisa melakukan tanam padi hingga 3 kali musim tanam. Meski jarang, selain bertani padi, pada musim kemarau di MT-3 para petani biasanya beralih menanam jagung dan hortikultura.(Adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati