oleh

Perekrutan 312 ASN Nakes di Pati, Disambut Baik Bagi Pemilik STR

Pandawa BPJS JKN PATI

Pati, Mitrapost.com – Syarat khusus bagi pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk formasi jabatan tenaga kesehatan (nakes), wajib memiliki Surat Tanda Registrasi (STR).

Pelamar formasi jabatan nakes wajib melampirkan STR bukan internship, sesuai jabatan yang dilamar (linier) yang masih berlaku saat pendaftaran. Hal ini dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertera pada STR.

BPKAD Pati

Ketentuan tersebut telah diatur dalam Keputusan Menteri PendayagunaanAparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 980 Tahun 2021 tentang Persyaratan Surat Tanda Registrasi Untuk Melamar Pada Jabatan Fungsional Kesehatan Dalam Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2021.

Perlu diketahui, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pati membuka lowongan formasi jenis jabatan nakes sebanyak 312 formasi ASN. Mereka diantaranya 145 alokasi CPNS dan 167 alokasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga :   Sebanyak 19,5 Ribu Penerima BPNT Alami Saldo Kosong

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Formasi dan Jabatan BKPP Kabupaten Pati, Rizki Hermanu, Pemerintah Kabupaten Pati membuka sebanyak 201 formasi CPNS pada tahun anggaran 2021.

Untuk formasi jabatan nakes pada Seleksi Penerimaan CASN 2021 lebih banyak, dibandingkan formasi jabatan nakes pada Seleksi Penerimaan CASN 2019. Pada Seleksi Penerimaan CASN 2019, Pemkab Pati hanya membuka formasi nakes sebanyak 165 formasi.

Adanya Seleksi Penerimaan CASN 2021, disambut baik oleh salah seorang pelamar formasi jabatan nakes asal Pati, bernama Sari Isnaeni (28).

Dirinya yang telah menjalani 1 tahun pendidikan keprofesian bidan, telah dapat mengikuti Seleksi CASN pada tahun ini karena baru memperoleh STR.

“Saya senang bisa ikut seleksi CPNS tahun 2021. Karena saya baru saja mendaptkan STR,” ungkapnya kepada Mitrapost.com, Jum’at (16/7/2021).

Baca Juga :   Covid-19 di Kudus Meningkat, Pasien Serbu Rumah Sakit Pati

Dirinya yang merupakan lulusan Diploma – III (D – III) Kebidanan, mengikuti pendaftaran CPNS Tahun anggaran 2021. Ia memilih formasi jabatan Bidan di Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Kayen.

Ia mengapresiasi langkah Pemerintah yang melakukan rekrutmen banyak nakes menjadi ASN tahun ini.

Pasalnya, ia berpendapat bahwa peranan nakes di Indonesia telah mempertaruhkan nyawa dalam menghadapi keganasan Pandemi Covid-19. Sehingga kerja keras nakes harus ditingkatkan dari segi pemenuhan hak dan status profesinya.

“Jadi kalau pengangkatan nakes yang cukup banyak sangat wajar. Karena peran nakes sangat membantu pemerintah dalam meredakan Pandemi Covid-19,” pungkasnya. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Baca Juga :   Pendaftaran BPUM Dibuka Kembali, Pelaku UMKM Diberi Waktu 1x24 Jam Lengkapi Bekas

Redaktur: Mila Candra

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait