oleh

PTM di Daerah Masih Menunggu Keputusan Provinsi 

Pandawa BPJS JKN PATI

Pati, Mitrapost.com – Keputusan pemberlakuan kebijakan Pendidikan Tatap Muka (PTM) di daerah, termasuk di Kabupaten Pati, belum bisa dipastikan. Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III masih menunggu keputusan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Belum pastinya pemberlakukan PTM ini lantaran situasi pandemi Covid-19 berubah-ubah setiap saat.

BPKAD Pati

“Sehingga kami selalu pejabat juga menunggu perintah dari Provinsi, Pak Gubernur nanti bagaimana,” ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Sunoto, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/6/2021) siang.

Baca juga: Jelang Penyelenggaraan PTM, Kemendikbudristek Luncurkan Panduan Pembelajaran

Meskipun demikian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) telah me-launching petunjuk baru tentang persiapan pemberlakuan PTM.

Baca Juga :   Siap-Siap, PPDB 2021 Segera Dibuka Secara Online

Dalam petunjuk ini, pemberlakuan PTM ini akan dibagi berbagai zona. Mulai zona hijau, kuning, oranye dan zona merah.  Untuk daerah yang termasuk zona oranye dan merah tidak diperkenankan menggelar PTM.

“Bagi zonanya merah, bagi yang zonanya oranye nanti dulu. Bagi zonanya hijau dipersilahkan untuk mencoba (PTM). Lah persentasenya berapa nanti kita tunggu,” tutur Sunoto.

Sunoto mengungkapkan saat ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah tengah mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penyelenggaraan PTM di Jawa Tengah.

Baca juga: Video : Simulasi PTM di SMKN 1 Pati, Satu Ruang Kelas Diisi 8 Siswa

Dalam Raperda ini, selain pembagian zonasi, pihaknya juga akan mengatur tentang protokol kesehatan hingga sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan.

Baca Juga :   Hindari Kekosongan Jabatan Terlalu Lama, 28 Pejabat Eselon III dan IV Dilantik Oleh Bupati

“Sambil menunggu situasi Covid-19 ini kami berharap adanya PTM. Walaupun beberapa persen. Karena masyarakat sangat-sangat bosen menunggu anak-anak untuk sekolah,” tandas Sunoto.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekolah daerah di Jawa Tengah telah menggelar simulasi PTM pada beberapa bulan lalu. Simulasi ini untuk mempersiapkan PTM yang direncanakan akan digelar pada tahun ajaran baru 2021/2022. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait