oleh

Cadangan Beras di Bulog Pati Hasil Produksi Petani Lokal

Pandawa BPJS JKN PATI

Pati, Mitrapost.com – Hampir semua cadangan kebutuhan pokok di Bulog Pati tidak ada yang ambil dari masyarakat, kecuali beras. Hal ini disampaikan oleh Pimpinan cabang Bulog Pati, Yonas Haryadi Kurniawan saat ditemui di kantornya.

“Karena itu ada mandat dari pemerintah setempat dari Bupati dan Dinas Pertanian bahwa hasil produksi dari lokalan harus kita serap,” tuturnya.

BPKAD Pati

Untuk kebutuhan pokok lainnya, seperti gula pihaknya telah memiliki pabrik sendiri di Blora. Waktu gilingnya pun lebih cepat dibanding dengan pabrik gula yang lainnya. Hal ini menurutnya untuk mengantisipasi ketidaktersediaan gula di pasaran.

Baca juga: Bulog Kedu Siapkan 10 Ton Beras untuk Kebutuhan Lebaran

“Pabrik di Blora itu melayani Bulog se-Indonesia. Selain itu penjualan umumnya juga ada. Dan untuk harga kepada distributor berani bersaing,” imbuhnya.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Pastikan Stok Beras Nasional Tercukupi

Kemudian daging, pihaknya disuplai dari Bulog pusat di DKI Jakarta. Hal ini disebabkan, karena di Pati tidak memiliki rumah potong dan pembekuan sendiri.

“Kita rata-rata merk sendiri, kayak minyak, kita suplai langsung dari pabrik yang kerja sama dengan kita. Jadi sistemnya, kita memesan lalu diproduksi sesuai dengan permintaan kita,” paparnya.

Baca juga: Video : Dispertan Pati Pastikan Bulog dan Konstraling Serap 16 Ribu Ton Gabah Petani

Sejauh ini pun, lanjutnya, harga kebutuhan pokok di pasaran masih stabil. Belum ada kenaikan yang signifikan sejak akhir tahun lalu. Sempat ada kenaikan pada komoditas gula itu pada sebelum Ramadan tahun lalu.

“Ada gejolak kenaikan harga itu tahun kemarin pas mau bulan puasa itu gula. Karena itu terjadi kelangkaan. Tapi kita gedor juga dengan pabrik kita sendiri. Cuma masalahnya kenapa sempat terjadi kelangkaan, karena pabrik kita melayani se-Indonesia,” katanya.

Baca Juga :   RSUD RAA Soewondo Pati Terapkan Prosedur Khusus untuk Cegah Covid-19

Saat ini pun, sebutnya, stok sejumlah kebutuhan pokok per Jumat (4/6) di Bulog Pati masih cukup banyak. Untuk beras CBP masih 21.966 ton, Kemudian gula 5.362 ton. Selanjutnya, daging kerbau beku sejumlah 6 ton. Minyak goreng masih 6.000 liter dan terigu masih 3 ton. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait