oleh

Hal Wajib Dilakukan Ketika Menjalani Isolasi Mandiri

Mitrapost.com – Angka kasus Covid-19 kini semakin meningkat. Beberapa pasien mendapatkan perawatan di rumah sakit. Namun, beberapa lainnya melakukan isolasi mandiri di rumah masing- masing.

Isolasi mandiri dapat dilakukan bagi penderita Covid-19 yang memiliki gejala ringan atau tanpa gejala (OTG).

Namun, walaupun dapat menjalankan isolasi mandiri di rumah, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

Baca Juga: Jateng Tempati Peringkat Pertama Kasus Covid-19 Varian Delta

  1. Melapor kepada pihak medis

Ketika akan melakukan isolasi mandiri, sebaiknya terlebih dahulu melapor kepada pihak medis. Hal ini karena, tidak semua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dapat menjalani isolasi mandiri di rumah masing- masing.

Hal lain juga terkait perawatan dan terapi yang harus dilakukan, sehingga nantinya dapat dilakukan pengawasan dari pihak medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Ruang isolasi yang baik

Bagi pasien yang diperbolehkan menjalankan isolasi mandiri, sebaiknya memiliki ruang isolasi yang baik. Misalnya dilengkapi dengan ventilasi serta aliran udara yang baik.

Dengan adanya ventilasi, maka pasien tersebut dapat melakukan berjemur di ruangan tersebut. Sehingga dapat menjadi langkah pemulihan yang tepat. Serta dengan mengonsumsi obat, makan dan minum bergizi, dan juga istirahat yang cukup.

Ruang isolasi yang baik juga dapat digunakan untuk melakukan olahraga ringan, jika kadar oksigen di dalamnya baik.

Namun, jika tidak memiliki ruang isolasi yang baik, sebaiknya melakukan isolasi di tempat karantina terpusat yang telah disiapkan pemerintah.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Tertinggi di Pati, Kecamatan Margorejo Buka 4 Tempat Isolasi Terpusat

  1. Ruangan terpisah

Hal penting lainnya, selain ruang isolasi yang baik, juga harus memiliki ruangan yang terpisah dengan anggota keluarga lainnya.

Hal ini untuk meminimalisir kontak dengan anggota keluarga yang sehat, terutama yang memiliki komorbid. Dengan begitu, anggota keluarga yang lain tidak tertular virus ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral