oleh

Berkas Lengkap, 3 Bakal Cakades Tanjang Menunggu Penetapan Calon

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Tiga Bakal Calon Kepala Desa (Cakades) telah mendaftarkan diri ke Panitia Pilkades Antar Waktu (PAW) 2021 Desa Tanjang. Mereka adalah Hadi Siswanto, Komari, dan Sriyati.

“Saat ini kami memasuki tahap penelitian kelengkapan. Berkas-berkas bakal Cakades kami periksa. Dan, berkas dari ketiganya telah memenuhi,” ungkap Ketua Panitia PAW 2021 Desa Tanjang, Bambang Budiyono kepada Mitrapost.com, Jumat (25/6/2021).

Namun, ia mengatakan jika keputusan final akan ditentukan pada 1 Juli 2021. Sehingga, diantara ketiga bakal Cakades tersebut masih dimungkinkan ada yang mengundurkan diri bilamana ada faktor tertentu.

Baca juga: Video : 80 Rumah dan 157,5 Hektare Sawah di Desa Tanjang Tergenang Banjir

“Kami belum bisa memastikan keberlanjutan PAW di sini. Pasalnya, kami masih berada di tahap menunggu kepastian bakal Cakades sampai dengan masa penetapan calon yang akan datang,” imbuhnya saat diwawancarai.

Baca Juga :   PAW Desa Margomulyo Tahun 2021 Tetapkan 3 Calon Kades

Sebelumnya, Panitia PAW 2021 telah mengantongi 3 (tiga) Bakal Cakades yang akan berkompetisi diajang PAW 2021 Desa Tanjang. Ketiga bakal Cakades telah melakukan pendaftaran yang dibuka pada 27 Mei sampai dengan 22 Juni 2021 sesuai jadwal tahapan kegiatan PAW yang telah ditetapkan.

Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 88 Tahun 2020 menyatakan jika penetapan Cakades PAW paling sedikit 2 (dua) orang. Sedangkan penetapan cakades PAW paling banyak 3 orang.

Baca juga: Video : Hindari Sepeda Motor, Dua Bis Tabrakan di Tanjang Pati

Apabila Cakades Antar Waktu tidak mencapai 2 (dua) orang, maka PAW ditunda dan kekosongan jabatan Kepala Desa (Kades) diisi oleh Pejabat dari Kecamatan. Sementara jika Cakades Antar Waktu yang memenuhi syarat melebihi 3 (tiga) orang maka panitia PAW mengadakan seleksi dalam bentuk ujian.

Baca Juga :   Selain BLT DD, Pemerintah Desa Diimbau Canangkan Program Padat Karya

“Jika ketiganya bersedia untuk ditetapkan sebagaI Cakades, maka kami akan menyiapkan metode ujian. Sedangkan, jika hanya ada 1 (satu) yang bersedia menjadi Cakades, maka otomatis perhelatan ini ditunda hingga Pilkades reguler yang akan datang,” ucap Bambang.

Perlu diketahui, Panitia PAW 2021 Desa Tanjang, Kecamatan Gabus telah melakukan berbagai macam persiapan menjelang pelaksanaan PAW 2021. Dimulai dari mengikuti sosialisasi Bupati pada 18 Mei 2021 lalu hingga tiba saatnya menuju pelaksanaan PAW yang diselenggarakan pada 3 Juli 2021.

Baca juga: 29 Ribu Pelaku UMKM asal Pati Diajukan Persoalan BPUM Tahap II

Diadakannya PAW 2021 di Desa Tanjang dilatarbelakangi karena Kepala Desa sebelumnya atas nama Djomo telah meninggal dunia disaat masih menjabat pada April 2021. Sehingga sementara waktu posisi tersebut diisi oleh Sekretaris Desa, Imam Manshari sebagai Pejabat Pelaksana Tugas. Berangkat dari kondisi tersebut Pemerintah Desa (Pemdes) akan menyelenggarakan PAW untuk memilih Kepala Desa Tanjang yang baru.

Baca Juga :   Cakades Terpilih dan Kades Terciduk Razia Karaoke, Ini Tanggapan Bupati Pati

Diketahui, terdapat 118 pemilih yang telah ditetapkan panitia untuk mengikuti pemungutan suara. Mereka terdiri dari perangkat desa, Ketua RT, Ketua RW, dan tokoh masyarakat. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar