oleh

Video : Cantrang Dilarang, Nelayan Rembang Protes

Rembang, Mitrapost.com – Permasalahan cantrang selalu menimbulkan perdebatan di kalangan para nelayan.

Setelah dilarang pada era Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (2014-2019), cantrang kemudian dilegalkan pada era Menteri KP 2019-2024, Edhy Prabowo, yang saat itu juga menuai pro dan kontra. Namun terbaru, cantrang kembali dilarang oleh Menteri KP yang baru, Sakti Wahyu Trenggono.

Trenggono mengeluarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) no. 18 tahun 2021 tentang Penempatan Alat Bantu Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Laut Lepas. Serta Penataan Andon Penangkapan Ikan, yang intinya adalah melarang penggunaan cantrang sebagai alat penangkapan ikan.

Merespon kebijakan tersebut, sejumlah nelayan di Kabupaten Rembang mengaku masih keberatan. Ketua Asosiasi Nelayan Dampo Awang Rembang Bangkit, Suyoto mengungkapkan, cantrang selama ini dipakai karena skala tangkapnya yang luas.

Baca Juga :   Tahun Baru, Pemimpin Baru, Begini Harapan Nelayan Rembang

Maka jika dilarang total, dikhawatirkan akan berdampak pada menurunnya hasil tangkapan ikan para nelayan.

“Kalau ditanya tanggapan, jujur dari kami para nelayan pengen protes. Karena ini kan hajat hidup kami bergantung dari sana. Apalagi sekarang masa-masa Covid-19, nyari makan susah,” ujarnya saat dihubungi Mitrapost.com, Selasa (6/7/2021).

Ia menambahkan, Permen KP tersebut sebenarnya sudah disosialisasikan ke asosiasi nelayan di beberapa daerah. Menurut pengakuannya, respon nelayan beragam. Sebagian menerima karena ada alternatif cantrang yang dianggap lebih ramah lingkungan.

“Diberi solusi gini, lebar cantrang dibatasi, mata jaring diperlebar, lalu cara penangkapannya tidak boleh ditarik seperti pada umumnya. Tapi harus disendok,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pelayan asal Pendok, Kecamatan Sluke, Tarsi mengungkapkan, larangan penggunaan cantrang sulit diterima.

Baca Juga :   Video : Operasi Yustisi di Rembang, 7 Warkop Dibubarkan Petugas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral