Doa Meredam Nafsu Syahwat Ajaran Rasulullah

Mitrapost.com – Semua makhluk hidup di dunia ini memiliki hawa nafsu. Seperti halnya manusia, dengan bekal nafsu menusia dapat menjalankan kehidupannya secara wajar sebagai makhluk hidup di dunia ini.

Hawa nafsu jika dapat dikendalikan maka akan menjadi hal yang positif untuk kehidupan manusia. Namun, jika nafsu dibiarkan begitu saja, tak sedikit orang tersesat di dalamnya.

Berikut ini beberapa doa yang diajarkan Rasulullah untuk meredam hawa nafsu.

Doa Pertama:

اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا. أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا

Artinya: “Ya Allah, Anugerahilah nafsu dan jiwa kami ketakwaannya, sucikanlah dan bersihkanlah ia (nafsu dan jiwa kami) karena Engkaulah yang terbaik membersihkan dan menyucikan jiwa. Engkau yang mengusai jiwa dan mampu memperbaiki jiwa kami (menuju kehadirat-Mu).”

Baca Juga :   Bacaan Doa Ketika Terbangun di Malam Hari

Doa Kedua,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Artinya: “Ya Allah, kami memohon perlindungan-Mu dari segala yang menyesatkan dan meresahkan serta menyedihkan kami. Kami bermohon kepada-Mu supaya kami terhindar dari lemah dan malas, dari pengecut dan kikir, dan aku berlindung dari lilitan utang dan penindasan para penindas.”