5 Tips Menjaga Kolesterol Stabil saat Hari Raya Kurban

Mitrapost.com – Perayaan Iduladha identik dengan hari raya kurban. Di mana persediaan daging kambing maupun sapi melimpah ruah di hari itu. Tak heran, jika sajian daging bakal menghiasi meja makan selama perayaan Iduladha.

Namun, sayangnya pada momen tersebut tak sedikit orang yang kalap melahap daging yang disajikan. Tak ayal, sejumlah orang mengalami kenaikan badan hingga kolesterol melonjak usai hari raya kurban.

Berikut ini tips menjaga kolesterol tinggi saat Iduladha.

  1. Pilih bagian daging dengan kandungan sedikit lemak

Pilih bagian daging yang mengandung sedikit lemak atau kamu dapat membuang lemak yang ada di daging kurban. Hindari juga mengonsumsi bagian jeroan, karena mengandung tinggi lemak dan kolesterol.

  1. Makan secukupnya

Perhatikan porsi atau jumlah daging yang dikonsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori atau tinggi lemak juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada pencernaan yang umum terjadi pada hari raya, seperti refluks dan dispepsia

  1. Konsumsi cukup serat dari buah dan sayuran

Buah dan sayuran adalah sumber serat yang memiliki manfaat positif untuk kadar kolesterol. Konsumsi diet tinggi serat dapat menurunkan kolesterol hingga 10%.