Video : Manuskrip Kuno Tasawuf Diserahkan ke Perpustakaan Masjid Jami Lasem

Rembang, Mitrapost.com – Masih dalam momentum Hari Raya Iduladha 1442 H/2021 M, Perpustakaan Masjid Jami Lasem menerima pemberian manuskrip kuno. Hal tersebut sebagaimana dikonfirmasi oleh pustakawan Perpustakaan Masjid Jami Lasem, Abdullah Hamid.

Hamid menjelaskan, manuskrip kuno tersebut pada mulanya merupakan koleksi pribadi Ahmadi (Mbah Mad), mantan modin Desa Kauman. Kemudian diserahkan ke pihak Perpustakaan Masjid Jami Lasem untuk disimpan sekaligus agar mendapat perawatan lebih layak.

Sepengakuan Ahmadi, seturut keterangan Hamid, manuskrip kuno tersebut ditemukan sejak 1960-an di area tanah perdikan Syekh Abdurrahman Sambu (Mbah Sambu). Tepatnya di sekitar Dusun Karangturi. Ini merupakan manuskrip kuno ketiga yang diserahkan Mbah Mad kepada perpustakaan Masjid Jami Lasem. Adapun dua manuskrip sebelumnya diperkirakan ditemukan pada 1940an.

Baca Juga :   Video : Digusur, Warga Cebolok Semarang Bertahan Hidup di Tenda

“Ditemukan tergeletak terus diamankan oleh Mbah Mad.  Kemudian diserahkan kepada saya karena melihat ada kepedulian dari saya untuk nguri-uri manuskrip kuno, melestarikan, dan ada upaya untuk mempelajari,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/7/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati