oleh

Menjaga Kulit Tetap Lembab, Konsumsi 7 Makanan Berikut

Mitrapost.com – Makanan sangat berpengaruh bagi kesehatan kulit. Begitu juga masalah kulit kering yang kerap kali melanda terlebih di musim kemarau seperti sekarang ini.

Jika nutrisi kulit terpenuhi, kulit akan tampak sehat dan terlindungi. Makan makanan yang penuh nutrisi dapat membantu melindungi dan  melembabkan kulit.

Bpkad Pati

Berikut ini makanan yang dapat melembantu kulit tetap lembab.

  1. Hati sapi

Hati sapi adalah sumber vitamin A yang baik. Ini karena hewan menyimpan vitamin A di hati. Menurut National Institutes of Health (NIH), satu porsi 3 ons hati sapi goreng bisa mengandung 6.582 mikrogram (mcg) vitamin A atau 731 persen dari jumlah kebutuhan vitamin A harian yang disarankan.

Melansir Medical News Today, vitamin A adalah nutrisi penting untuk memerangi kulit kering karena mengandung retinoid dan karotenoid.

Sifat-sifat ini mengaktifkan jalur tertentu dalam tubuh yang secara langsung memengaruhi kulit. Vitamin A dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar UV dan mengurangi gejala psoriasis.

  1. Ubi jalar

Sumber vitamin A lainnya yang baik adalah ubi jalar. Setiap ubi jalar panggang dengan kulit bisa mengandung 1.403 mcg Vitamin A atau 156 persen dari kebutuhan vitamin A harian yang disarankan.

Baca Juga :   Thai Fried Noodle

Menariknya, NIH menyatakan bahwa vitamin A bukan hanya memiliki kegunaan untuk memerangi kulit kering. Vitamin A juga dapat membantu menjaga ketersediaan zat besi dalam darah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Paprika

Paprika merah manis bisa menjadi pilihan makanan untuk bantu mengatasi kulit kering karena termasuk sumber vitamin C yang baik.

Setengah cup paprika merah mentah mengandung 95 miligram (mg) Vitamin C atau setara dengan 106 persen kebutuhan vitamin C. Vitamin C berguna dalam memerangi kulit kering karena secara signifikan dapat meningkatkan hidrasi kulit.

Selain itu, vitamin ini melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Vitamin C juga dapat meningkatkan kolagen di kulit, mengurangi kondisi kulit yang berkaitan dengan usia seperti keriput, pigmentasi, dan kulit yang lebih keras.

  1. Buah Kiwi

Buah kiwi adalah sumber vitamin C yang baik liannya. Satu buah kiwi ukuran sedang bisa mengandung 64 mg Vitamin C, yang merupakan 71 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian.  Kekurangan vitamin C sendiri dapat berdampak buruk pada kulit, menyebabkan nyeri sendi, penurunan penyembuhan luka, dan kekurangan zat besi.

Baca Juga :   Solar eclipse: Eye health warning

Menurut NIH, vitamin C bukan hanya memiliki manfaat kesehatan untuk hidrasi kulit dan fungsi pelindung. Misalnya, mengonsumsi vitamin C diketahui dapat juga menurunkan risiko terkena katarak dan mengurangi keparahan gejala pilek.

  1. Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod bisa menjadi pilihan makanan untuk membantu mengatasi kulit kering karena merupakan sumber vitamin D yang baik. Satu sendok makan minyak hati ikan kod bisa mengandung 34 mcg Vitamin D yang setara dengan 170 persen dari kebutuhan vitamin D harian.

Ada berbagai jenis vitamin D yang bisa diperoleh dari minyak hati ikan kod, termasuk vitamin D3 dan vitamin D2. Vitamin D3 ini dapat menghambat keratinosit yang menyebabkan kondisi kulit kering seperti psoriasis. Vitamin ini juga dapat mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan luka, dan membantu memerangi efek sinar UV.

  1. Susu kedelai, almond, dan oat

Susu kedelai, almond, dan oat yang diperkaya dengan vitamin D merupakan sumber nutrisi yang baik. Menurut NIH, 1 porsi susu kedelai, almond, dan oat bisa mengandung 2,5–3,6 mcg vitamin D atau 13–18 persen dari jumlah kebutuhan vitamin D harian.

Baca Juga :   Video : 10 Makanan Khas Indonesia Terenak dan Terkenal di Dunia

NIH menyatakan bahwa salah satu efek menguntungkan vitamin D adalah anti-inflamasi. Ini dapat membantu kulit menjaga kelembapan dan hidrasinya.

  1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari adalah sumber vitamin E yang baik. Satu ons biji bunga matahari panggang kering bisa mengandung 7,4 mg vitamin E yang setara dengan 49 persen dari jumlah kebutuhan vitamin E harian.

Vitamin E adalah antioksidan dan dapat membantu memerangi efek buruk dari kerusakan UV, seperti kulit kering dan pigmentasi. Menggabungkan sumber vitamin E dan sumber vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan dan pembilasan kulit.

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait